loading...
Loading...
Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna. Foto/Humas Polda

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepolisian, Polda Jawa Tengah membuat terobosan baru yang berbasis informasi online dengan nama Jogowargo.

Aplikasi yang mendadak jadi perbincangan dan diburu untuk didownload di wilayah Jateng itu disediakan untuk diakses oleh seluruh jajaran Polres dan terintegrasi dengan instansi seperti, DPRD, Pemprov, Damkar, BNN, BNPT.

Aplikasi yang dulu sempat diluncurkan pada tahun 2017, kini dikembangkan agar lebih mudah dan cepat sehingga masyarakat Jawa Tengah bisa menggunakannya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melalui Kabid Humas Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna  mengatakan bahwa ada beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini seperti, menu pengaduan, yang mana masyarakat bisa mengajukan keluhannya melalui menu ini.

“Kemudian ada menu informasi Warga, artinya informasi-informasi yang ada baik dari Kepolisian maupun dari warga masyarakat. Selain itu ada menu Panic Button yang terdiri dari dua macam, yaitu Panik Kriminal dan Panik Laka, artinya masyarakat yang mengalami ataupun mengetahui kejadian kriminal dapat dengan mudah terselesaikan,” jelasnya.

Baca Juga :  Siapa Bilang Ujian SIM Susah. Anak-anak SD Ini Bilang Mudahnya Ujian SIM!  

Kabid Humas menguraikan hanya dengan satu klik, polisi akan segera datang ke TKP. Begitu aplikasi sudah terdownload, warga hanya perlu mengisi daftar isi atau administrasi dengan KTP. “Apabila kita mengalami atau melihat kecelakaan lalu lintas dan membutuhkan polisi untuk segera datang, kita juga hanya perlu menekan tombol Panik Laka dengan catatan rincian kejadian sudah diunggah,” tambah Kabidhumas saat Konferensi Pers di Ruang Press Room Polda Jateng, Jumat (11/10/2019) dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Kemudian ada juga menu agenda Kepolisian yang berisi rincian kegiatan Kepolisian seperti patroli pagi hari. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat melihat kegiatan yang dilakukan oleh anggota Kepolisian sesuai dengan Polres tempat tinggalnya.

Lalu, ada menu agenda yang artinya berisi rincian kegiatan Kapolda selama berada di dalam kota maupun luar kota itu juga akan dimasukkan ke dalam agenda.

“Aplikasi ini Insya Allah akan diluncurkan oleh Kapolda Jateng saat Car Free Day di Simpang Lima Semarang pada Hari Minggu, 13 Oktober 2019,” terang Kombes Iskandar.

Baca Juga :  Lukisan Siluet Karya Penyandang Disabilitas Asal Wonogiri Ini Bikin Gubernur Ganjar Pranowo Langsung Kepincut. Bukti Keterbatasan Bukan Akhir Segalanya

Aplikasi New Smile Police ini bisa diunduh secara gratis, cepat, dan murah. Pada hari Minggu nanti akan ada petugas yang memandu untuk mengupload dan mengisi ada daftar isiannya disitu.

Pelayanan online yang dimaksud berupa fitur Panic Button, E-Learning, E-Babinkamtibmas, Trust E-Complain, E-Police, E-Tilang, serta E-Smart.

“Inilah yang akan kita launching pada Hari. Silahkan informasi ini dibagikan kepada warga masyarakat Jawa Tengah. Jadi bukan hanya di Semarang saja tapi juga di berbagai daerah Jawa Tengah,” pungkas Kabid Humas. Wardoyo

 

Loading...