loading...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di antara pos-pos kementerian, ternyata ada beberapa kursi menteri yang menjadi favorit incaran partai.

Beberapa pos menteri tersebut antara lain adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pertahanan dan Menteri Hukum dan HAM.

Pos-pos menteri tersebut sejak awal sudah menjadi incaran PDI Perjuangan. Posisi Mendagri disebut-sebut antara lain diperebutkan oleh Bambang Wuryanto, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP sekaligus Ketua PDIP Jawa Tengah.

PDIP juga melempar sinyal ingin menempati kementerian yang bersentuhan langsung dengan rakyat di Kabinet Jokowi Jilid II, yakni Kementerian Desa dan Kementerian Pertanian.

Baca Juga :  PSHK Desak Presiden Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan Nasional

Kementerian Desa saat ini diisi kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan Kementerian Pertanian dikabarkan bakal menjadi jatah Partai Gerindra.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri mengungkapkan, sejumlah menteri masih akan dipertahankan untuk Kabinet Jokowi Jilid II yang akan diumumkan segera setelah pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10/2019).

“Ya ada lah, yang lama ada, yang baru banyak,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini, Rabu, 16 Oktober 2019.

Dia menyatakan belum bisa menghitung prosentase jumlah menteri yang bertahan dibandingkan dengan yang baru. Presiden Jokowi hanya memastikan pengumuman nama-nama menteri Kabinet Jokowi Jilid II akan dilakukan secepatnya.

Baca Juga :  Lawan Covid-19, BEI Pangkas Jam Perdagangan Efektif

“Secepatnya setelah pelantikan,” katanya.

Meski belum diumumkan siapa saja yang akan mengisi Kabinet Jokowi Jilid II sejumlah partai melempar sinyal pos kementerian yang diinginkan.

www.tempo.co