loading...

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perwakilan Papua di dalam kabinet Indonesia Maju sempat menjadi pertanyaan berbagai elemen.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa perwakilan Papua telah diakomodir dalam kabinetnya.

Ia mengatakan anak Papua yang ditunjuk jadi menteri adalah Bahlil Lahadalia.

“Ada, Pak Bahlil itu kan dari Papua,” kata Jokowi saat berdialog di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Selain menteri, Jokowi memastikan perwakilan Papua juga bakal ditempatkan sebagai wakil menteri. “Ada juga,” katanya singkat.

Bahlil merupakan pengusaha nasional. Ia diangkat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019 ini lahir di Banda, Maluku Tengah, 7 Agustus 1976 dan besar di Papua.

Baca Juga :  Sebuah Desa di Sulsel Mendadak Diisolasi, Penyebabnya Ada Orang Positif Corona yang Saat Pulang Umroh Disambut Besar-besaran

Ia kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Semasa di bangku kuliah, Bahlil dikenal sangat aktif menjadi pengurus senat mahasiswa hingga bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang membawanya menduduki posisi puncak sebagai Bendahara Umum PB HMI.

Masuknya Bahlil ke dalam calon menteri Kabinet Kerja Jilid II sesungguhnya sudah diisyaratkan Jokowi ketika menghadiri Munas HIPMI XVI (HIPMI) di Jakarta, pada pertengahan September 2019.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Kabar Dokter Tirta, Hasil Rapid Test ke-2 dinyatakan Negatif, Kini Berstatus ODP & Didiagnosa Bronkitis Kronis

“Tadi Adinda Bahlil menyorong-nyorongkan dan merekomendasikan beberapa yang hadir di sini. Tapi saya tahu, adinda Bahlil ini pinter. Sebetulnya beliau menyorongkan diri sendiri,” kata Jokowi.

www.tempo.co