JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

16 Warga di Karanganganyar Digembleng Pelatihan Montir Gratis. Ketua Baznas Minta Tak Jadi Bengkel Ecek-ecek 

Pelatihan bengkel di Karanganyar. Foto/Humas
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Pelatihan bengkel di Karanganyar. Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 16 peserta dari empat Kecamatan Jatipuro, Jatiyoso, Jumapolo, Jumantono mendapat kesempatan mengikuti pelatihan wirausaha mandiri Kerjasama Badan Amil Zakat Nasional(Baznas) dengan UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Karanganyar.

Pelatihan selama 20 hari ini resmi dibuka pada Kamis (31/10/2019) di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar.

Pelatihan kali ini mempersiapkan ketrampilan otomotif khususnya bengkel sepeda motor. Bukan hanya ketrampilan bengkel sepeda motor, kedepannya setelah pelatihan bengkel sepeda motor ini juga ada pelatihan ketrampilan las listrik.

Kepala Upt. BLK Karanganyar Sunarto berharap, peserta pelatihan bengkel sepeda motor kali ini bisa meniru semangat peserta pelatihan yang sebelumnya agar bisa segera menyerap ilmu yang diajarkan.

Sehingga merka diharapkan segera bisa membuka usaha mandirinya karena pasca pelatihan ini peserta akan langsung membuka bengkel dirumah masing-masing secara mandiri.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 Karanganyar Ternyata Sudah Tembus 174. Sebanyak 67 Pasien Dirawat, 134 Sembuh dan 42 Meninggal Dunia

“Setelah pelatihan peserta akan diberi modal usaha berupa peralatan bengkel secara komplit, jadi peserta harus sudah pintar setelah pulang dari pelatihan ini baik secara teori maupun prakteknya “, jelas Iskandar Wakil Ketua bidang pendistribusian dan pedayagunaan Baznas Karanganyar.

Selain mendapatkan materi secara teori maupun praktek dari instruktur yang berkompeten, peserta juga mendapatklan materi motivasi dari motivator-motivator yang sukses di bidang bisnis dan usaha.

Kegiatan ini pula merupakan salah satu usaha Baznas dalam mewujudkan program Bupati Karanganyar dalam menciptakan 10.000 peluang usaha bagi warga Karanganyar.

Inisiasi ini sangat di apresiasi oleh pemerintah, sinergi antara Baznas, Disperindagkop dan Balai Latihan Kerja  yang baik akan menghasilkan SDM yang unggul dalam berwirausaha.

Baca Juga :  Mendadak Pindah dari Penggali Tanah ke Pendorong Angkong, Triyanto Selamat dari Musibah Longsor Kemuning

“ Utamanya adalah motivasi dalam diri sendiri yang menjadi modal awal dalam berwirausaha secara mandiri, baru kemudian harus punya passion yang tumbuh dengan sendirinya “, tegas Agam Bintoro Kepala Bagian Kesra Setda Karanganyar yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar.

Menyemangati diri sendiri dalam melawan sifat-sifat malas pun juga harus ada dalam diri peserta pelatihan, karena nantinya mereka digembleng selama 20 hari kedepan.

Ketua Baznas Karanganyar Sugiyarto mempunyai harapan, peserta pelatihan bengkel sepeda motor ini  bukan hanya jadi bengkel yang ecek-ecek tapi jadi bengkel yang profesional karena dibina langsung oleh Baznas.

“ Kalau ditekuni dengan baik dan bisa profesional, kemungkinan besar usahanya akan maju dan semakin berkembang menjadi besar “, ujar Agam Bintoro. Wardoyo