JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 Diharapkan Lebih Efektif dan Mudah Diakses

Workshop siskeudes Sukoharjo. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo
Workshop siskeudes Sukoharjo. Dok. Humas Pemkab Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berharap Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 dapat lebih efektif dan mudah diakses untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Bupati menjelaskan, Siskeudes 2.0 merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Bupati juga berharap agar pelaksana Siskeudes versi 2.0 dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

Baca Juga :  Catat Lur Ini Daftar Denda Bagi yang Tidak Memakai Masker di Sukoharjo, Awalnya 50 Ribu Kalau Masih Nekat Dendanya Bakal Digandakan

“Siskeudes merupakan aplikasi untuk membantu bagi pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban secara komputerisasi,” jelas dia.

Peluncuran Siskeudes versi 2.0 ini bertujuan untuk lebih memudahkan desa dalam pembuatan peraturan enggaran pendapatan belanja desa (APBDes). Serta perwujudan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, tertib dan disiplin.

Baca Juga :  Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Melampaui Angka 600, Pasien Meninggal Bertambah Satu Orang

Aplikasi SISKEUDES versi 2.0, ini disesuaikan dengan pengelolaaan keuangan desa yang terbaru yaitu Permendagri 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa. Aria