JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Blak-blakan, Gubernur Ganjar Ungkap Ada Pipa-Pipa Siluman Limbah Pabrik Cemari Sungai Bengawan Solo! 

Kondisi Sungai Bengawan Solo di wilayah Gawan Tanon Sragen yang hitam pekat karena tercemar limbah pabrik dan merusak lingkungan hingga mematikan ekosistem sungai dalam beberapa waktu terakhir. Foto/Wardoyo
   
Kondisi Sungai Bengawan Solo di wilayah Gawan Tanon Sragen yang hitam pekat karena tercemar limbah pabrik dan merusak lingkungan hingga mematikan ekosistem sungai dalam beberapa waktu terakhir. Foto/Wardoyo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkap hal mengejutkan soal pencemaran sungai Bengawan Solo di daerah Solo dan sekitarnya. Ganjar blak-blakan menyebut pencemaran itu terjadi dari munculnya pipa-pipa siluman yang membuang limbah hingga mencemari sungai terpanjang di Pulau Jawa itu.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan materi dalam Orientasi Anggota DPRD Tahun 2019, di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang, Senin (25/11/2019).

Dilansir dari situs resmi Pemprov Jateng, awalnya Ganjar meminta para anggota DPRD di daerah untuk bisa memecahkan masalah di daerah masing-masing.

Ia kemudian menggambarkan beberapa permasalahan yang menonjol di beberapa daerah di Jateng.

Kemudian ia mewanti-wanti agar dalam pengembangan dan pembangunan daerah juga harus memperhatikan banyak aspek. Mulai dari mempermudah birokrasi hingga memperhatikan dampak lingkungan dan sosial masyarakat.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Saat menyebut dampak lingkungan, Ganjar kemudian menyinggung soal pencemaran Sungai Bengawan Solo.

“Jangan seperti di Solo yang sungai Bengawan Solo tercemar limbah pabrik dari pipa-pipa siluman. Lalu terkait investasi juga harus dipermudah,” papar Ganjar.

Ia menguraikan setiap daerah memiliki permasalahan masing-masing yang berbeda. Ia berharap teman-teman di legislatif  bisa menjalankan fungsi pengawasan dan kontrol yang baik.

“‘Pukul’ kepala daerah dalam konteks memperbaiki situasi agar menjadi lebih baik,” katanya.

Ganjar kemudian mengambil beberapa contoh permasalahan yang ada di daerah. Misalnya, permasalahan di Kabupaten Sukoharjo yang berkaitan dengan lingkungan atau limbah pabrik yang mencemari sungai. Lalu ada permasalahan kemiskinan di Kabupaten Brebes.

“Jadi Anda-anda semua harus bersyukur karena di daerahnya banyak masalah. Artinya, ada banyak yang harus dikerjakan,” ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

Selain memberikan contoh permasalahan, Ganjar juga memberikan contoh daerah yang memiliki inovasi baik dalam hal birokrasi. Seperti yang dilakukan anak muda di Kabupaten Pemalang dengan sistem informasi yang mereka buat.

“Di Pemalang itu ada yang bagus. Itu perlu dikembangkan, kalau bisa diambil dan diterapkan di daerah lain,” katanya.

Sementara itu terkait integritas juga terus digaungkan Ganjar. Ia berharap di daerah tidak ada lagi pungli atau pungutan yang tidak sesuai atau terkesan memeras warga. Permasalahan itu ada di hampir semua daerah, sehingga butuh loncatan untuk memperbaiki hal itu.

“Ini PR kita bersama. Yang kita cari adalah integritas. Bagaimana menciptakan birokrasi yang bersih dan tidak memeras rakyat, serta bagaimana masyarakat bisa membayar pajak,” tandas Ganjar. JSnews

 

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com