JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Lapak Bakal Digusur, 5 PKL Gondomanan Gelar Aksi Topo Pepe di Depan Keraton Yogyakarta

ย ย ย 
topo pepe
Sejumlah pedagang kaki lima Gondomanan yang berjualan di sekitar jalan Brigjend Katamso No. 12, Senin (11/11/2019) lakukan aksi topo pepe atau bertapa sambil berjemur di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Tribun Jogja/Andreas Desca

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lima orang pedagang kaki lima (PKL) Gondomanan yang berjualan di sekitar jalan Brigjend Katamso, menggelar aksi topo pepe atau bertapa sambil berjemur di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, Senin (11/11/2019).

Aksi itu dilakukan karena lapak yang mereka gunakan selama puluhan tahun di area tersebut akan digusur Selasa (12/11/2019) pagi.

Di bawah teriknya matahari, mereka tetap teguh melakukan topo pepe dengan harapan akan diperhatikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Baca Juga :  Warga Gunungkidul Ini Tewas Terlentang dengan Daun Salam Terpegang di Tangan Kirinya

Salah satu pedagang yang sudah 30 tahun berjualan di lokasi tersebut, Suwarni (53) mengatakan hanya ingin menyambung hidup dengan berjualan di lokasi tersebut.

“Harapannya Sri Sultan dapat menengahi dan memperbolehkan kita berjualan di area tersebut. Tidak masalah sekecil apapun lahan yang ada, kita tetap mensyukurinya,” katanya.

Sembari melakukan topo pepe, mereka juga membawa beberapa poster dan spanduk yang berisikan harapan mereka.

topo pepe
Sejumlah pedagang kaki lima Gondomanan yang berjualan di sekitar jalan Brigjend Katamso No. 12, Senin (11/11/2019) lakukan aksi topo pepe atau bertapa sambil berjemur di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Tribun Jogja/Andreas Desca

Bahkan ada sebuah spanduk yang berisikan surat perjanjian yang pernah disepakati antara pedagang dan pemilik lahan.

Baca Juga :  Dua Orang Ini Resmi Jadi Buron Polres Bantul, Siapa yang Tahu Diimbau Lapor

Selama satu jam penuh mereka melakukan aksi ini tanpa menghiraukan panas matahari.

Sebelumnya para pedagang ini melakukan aksi longmarch dari lokasi mereka berjualan menuju Titik Nol Kilometer dan berakhir di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul BREAKING NEWS : Lapak Mau Digusur, Lima PKL Gondomanan Gelar Topo Pepe di Depan Keraton Yogyakarta,ย Artikel Asli

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com