JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Los Ora Rewel Pokoke, Ini Syarat Mengurus SKCK. Biayanya Sudah Resmi Langsung Dibayar di Loket Polres Terdekat

Antrian pengurusan SKCK di Polres Sukoharjo. Dok. Humas Polres Sukoharjo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemohon Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) di Polres Sukoharjo mengalami lonjakan signifikan. Hal ini erat kaitannya dengan muaim pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Menurut Kasat Intel Polres Sukoharjo Iptu Sukimin, Jumat (15/11/2019) peningkatan telah terjadi sejak sepekan yang lalu. Peningkatan mencapai tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Pada hari biasa sebelum ada informasi terkait pembukaan seleksi CPNS 2019, Polres Sukoharjo hanya mendapat permintaan SKCK sekitar 50 sampai 70 per hari. Namun, sejak awal November dalam sehari terdapat sekitar 150 pemohon.

Baca Juga :  Protes Soal Bansos Warga Wironanggan Kecamatan Gatak Sukoharjo Geruduk Balai Desa, Endingnya Seperti Ini

“Peningkatan pemohon sudah mulai satu minggunan,” kata dia.

Dia menyebutkan persyaratan untuk pembuatan SKCK. Yakni pemohon harus membawa sejumlah berkas berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi akta kelahiran, pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Baca Juga :  Kasus Remaja Meninggal Usai Latihan Pencak Silat di Gatak Sukoharjo, Polisi Masih Dalami Apakah Murni Kecelakaan Atau Ada Unsur Penganiayaan

Selanjutnya mengisi formulir daftar riwayat hidup yang telah disediakan di kantor polisi dengan jelas dan benar. Terakhir pengambilan sidik jari oleh petugas.

“Tarif untuk membuat SKCK sebesar Rp 30.000, bisa dibayarkan langsung di loket Polres Sukoharjo,” ujar dia.

Permohonan SKCK untuk CPNS menurut dia akan berlangsung selama proses pendaftaran CPNS berlangsung. Pihaknya siap melayani proses pembuatan SKCK di Polres Sukoharjo sewaktu-waktu. Aria