JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Menhub Targetkan Kereta Bandara Solo Beroperasi Mulai 28 Desember 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) melepas perjalanan kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019) / tempo.co
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Kereta Bandara Adi Soemarmo, Solo ditargetkan selesai dan dapat resmi digunakan pada 28 Desember 2019.

Demikian dikatakan oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan, konstruksi Proyek Kereta Bandara tersebut ditargetkan rampung pada 20 Desember 2019.

Target itu dicanangkan agar kereta api bandara bisa beroperasi untuk musim ramai di Tahun Baru 2020.

โ€œPertengahan Desember sudah selesai konstruksinya, dan harapannya 28 Desember beroperasi dan bisa dioperasikan sebelum Tahun Baru,โ€ kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau KA Bandara Adi Soemarmo di Solo, Minggu (3/11/2019).

Budi menyebutkan progres konstruksi KA Bandara Adi Soemarmo Solo saat ini sudah mencapai 94 persen.

โ€œSekarang sudah 94 persen tinggal sedikit saja bagian-bagian yang belum terkoneksi, ada urusannya dengan perlintasan jalan tol dan ada jalan tambahan dengan warga,โ€ katanya.

Baca Juga :  Sedang Merebak, Seorang Warga Kadipiro Solo Meninggal karena Leptospirosis

Ia menuturkan pengaturan di Stasiun Kadipiro sebagai titik lintasan dari Stasiun Solo Balapan dan lanjutan ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo sudah rampung.

Saat ini masih dilakukan pembangunan persilangan di lintasan jalan tol yang dibuat layang (elevated) dan di bawahnya rel kereta.

Adapun soal pembebasan tanah, Budi mengatakan saat ini sudah diselesaikan meskipun agak terlambat.

โ€œMasalah dengan warga karena kemarin itu Pilpres, jadi kita enggak bisa melakukan percepatan pembebasan tanah. Setelah Pilpres baru selesai tanah-tanah masyarakat, tinggal interkoneksi,โ€ katanya.

KA Bandara Adi Soemarmo terdiri dari dua rangkaian kereta yang bisa menampung sekitar 300 penumpang.

Kereta tersebut akan berangkat setiap 37 menit dan paling lama 40 menit dengan waktu tempuh paling cepat 19 menit dari Stasiun Balapan Solo ke Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo.

Baca Juga :  Kerbatasan Fisik Tak Menghalangi Semangat Penyandang Tuna Netra Ini Lakukan Tadarus Al Quran

Dalam sehari, KA Bandara Solo melayani 60 perjalanan pulang-pergi (PP) di mana keberangkatan paling awal, yakni 04.53 dan paling akhir 23.14.

Total jarak yang ditempuh KA Bandara Solo adalah 12,97 kilometer di mana kereta akan melaju dengan kecepatan 75-85 kilometer per jam.

Sementara itu, nilai investasi proyek tersebut sebesar Rp800 miliar.

Menhub berharap KA Bandara Adi Soemarmo Solo dapat menjadi angkutan antarmoda baik dari Solo dan Yogyakarta, maupun dari daerah sekitarnya, seperti Wonogiri, Sragen dan Madiun.

Dengan adanya KA Bandara Adi Soemarmo, maka dapat menciptakan interkoneksi dari Solo ke Yogyakarta yang disambung dengan KA Prambanan Ekspres (Prameks).

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com