JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sambut Penghujan, Wonogiri Siapkan Ribuan Bibit Kelor Duwet Hingga Akar Wangi

Kebun bibit BPBD Wonogiri.
Kebun bibit BPBD Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam upaya mitigasi bencana non struktural, BPBD Wonogiri telah mempersiapkan demplot dengan membuat bibit tanaman penghijauan.

Bibit berjumlah ribuan batang itu ditempatkan di kebun bibit BPBD Wonogiri. Sampai dengan saat ini jumlah bibit yang tersedia sebanyak 2238 batang.

Bibit yang disediakan terdiri dari beberapa jenis yaitu, tanaman tegakan berupa beringin, trembesi, asam, mahoni, sengon, dan kelor. Selanjutnya tanaman produktif berupa jambu biji merah, duwet dan alpukat, dan tanaman rumpun yakni sere dan akar wangi.

Baca Juga :  Fenomena Apa ini, 4 Pasien Positif COVID-19 di Wonogiri yang Meninggal Mengalami Pengentalan Darah, Satgas Percepatan Langsung Koordinasi Dengan Pemprov, Alkes di RSUD pun Ditambah

“Di samping ketersediaan bibit di kebun bibit BPBD, hasil kesepakatan dan kesiapan dengan para relawan telah bersedia mempersiapkan secara swadaya minimal satu relawan dua bibit tanaman jenis beringin dan atau gayam,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (3/11/2019).

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Tanaman dari para relawan akan ditanam saat musim penghujan dengan prioritas lokasi potensi sumber mata air. Tujuannya mengembalikan dan mendayagunakan potensi mata air tetap terjaga.

Sedangkan untuk bibit tanaman yang bersumber dari kebun bibit BPBD sesuai rencana didistribusikan melalui gerakan mitigasi bencana dengan melibatkan warga di daerah potensi rawan bencana. Aria