JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Memilih Produk Air Minum Mineral, Ternyata Tidak Harus Mahal, Tetapi Perhatian 3 Hal ini

air mineral
Ilustrasi air mineral. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Air mineral banyak kita jumpai di swalayan, toko modern maupun warung-warung kecil di pinggir jalan. Ada berbagai merk, mulai yang terkenal sampai merk lokal yang hanya bisa ditemua di daerah tertentu.

Lalu bagaimankah cara memilih produk air minum atau mineral yang baik?

Menurut Ketua Indonesian Hydration Working Group, Diana Sunardi, harga tidak termasuk dalam pertimbangan pemilihan produk.

“Harga mahal atau murah tidak berpengaruh. Yang penting memenuhi kriteria,” jelasnya di Jakarta pada (1/11/2019).

Baca Juga :  Disebut Tinggi Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Telur Puyuh, Mulai Cegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kriteria yang dimaksudkan Diana ini meliputi tiga hal, yakni tidak memiliki rasa, tanpa bau, dan tak mengandung zat atau mikroorganisme berbahaya seperti logam dan mikro plastik.

“Ini adalah ciri utama yang wajib diperhatikan oleh setiap konsumen,” katanya.

Sebelum membeli dan mencobanya sendiri, tentu hal ini tidak bisa diuji. Diana lantas mengatakan bahwa cara terbaik bisa dilihat dari kemasan botol air mineral. Menurutnya, wadah yang memenuhi tiga hal ini akan berlisensi dari pemerintah.

Baca Juga :  Punya Penyakit Asam Urat, Hindari 12 Bahan Makanan Mengandung Purin Tinggi Ini. Ada Daging, Buah, hingga Sayuran

“Karena dari peraturan Kemenkes (Kementerian Kesehatan), hanya tiga ciri utama ini yang lolos sertifikasi,” ujarnya.

Observasi lebih jauh tentang pemilihan sumber mata air dan lokasi produksi dari produk yang dipilih juga dapat dilakukan. “Apa yang kita konsumsi itu harus tahu asalnya. Karena kita bertanggung jawab pada kesehatan diri sendiri. Jadi cari produk yang sumber mata air dan lokasi produksinya jelas,” tuturnya.

www.tempo.co