JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Awas, Ada Sindikat Maling Motor Nyamar Ngarit Rumput. Pelaku Sudah Gondol 29 Motor, Dibongkar dan Dijual Eceran

Foto/Humas Polda
Foto/Humas Polda

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Menjelang akhir tahun 2019, Tim Satreskrim Polres Grobogan berhasil mengamankan dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Kedua pelaku yang diamankan adalah Arifin alias Aris dan Agus Budi Prasetyo.

Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengungkapkan, kedua pelaku sudah melakukan aksi pencurian motor di sejumlah lokasi.

Dari hasil penelusuran petugas, sedikitnya ada 29 motor yang berhasil ditemukan.

Namun, sebagian besar kendaraan itu sudah dibongkar untuk dijual eceran bagian spare part atau onderdilnya.

Baca Juga :  52 Santri Positif Covid-19, Ponpes Nurul Hidayah Langsung Dilockdown. Tiga Jalan Masuk Diportal, Kapolres Terjun Beri Bantuan

“Ada beberapa kendaraan yang masih utuh. Tapi sebagian besar sudah dipreteli,” kata Ronny didampingi Kasat Reskrim AKP Andi Mekuo saat jumpa pers, Senin (30/12/2019).

Menurut Ronny, saat melakukan aksinya, kedua pelaku berpura-pura mencari rumput untuk pakan ternak. Agar aksinya meyakinkan, mereka juga membawa sabit dan karung berisi rumput.

Adapun sasarannya adalah kendaraan yang diparkir di pinggiran sawah atau lokasi sepi. Kendaraan sasaran itu diambil dengan merusak kontak menggunakan kunci letter T.

Baca Juga :  Tertangkap Hendak Tawuran, Puluhan Remaja di Gemuh Dikukut Polisi. Baju Langsung Dilucuti, Polisi Amankan Senjata Tajam dan Kayu Bermata Paku

“Jadi, untuk mengelabui orang, mereka ini pura-pura mencari rumput di sekitar lokasi kejadian. Kebanyakan, motor yang diambil ini diparkir di pinggir sawah,” imbuhnya.

Ronny menambahkan, kedua pelaku ini diamankan tidak lama setelah melakukan aksi pencurian motor di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Jumat (20/12/2019), sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu, pelaku Arifin alias Aris berhasil diamankan lebih dulu dan setelah itu pelaku lainnya berhasil diamankan. JSnews