JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bagus Mana Antara Telur Ayam dan Telur Bebek?

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sama-sama dari golongan unggas, telur ayam dan telur bebek berbeda khasiatnya bagi tubuh. Sebenarnya lebih baik mana antara telur ayam dan telur bebek?

Sejauh ini memang ada anggapan telur bebek lebih unggul dari telur ayam, baik dari segi ukuran, rasa, hingga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Benarkah demikian? 

Secara struktur dan komposisi, telur bebek sebetulnya tidak jauh berbeda dengan telur segar dari unggas yang lainnya.

Pada satu butir telur bebek terdapat air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dan memiliki komposisi telur berupa 12 persen cangkang, 52,6 persen putih telur, dan 35,4 persen kuning telur.

Hanya saja, karena telur bebek memang berukuran lebih besar dibanding telur ayam, maka kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya juga berbeda.

Dibanding telur unggas lainnya yang biasa dikonsumsi manusia (telur ayam maupun telur burung puyuh), telur bebek lebih kaya akan mineral, vitamin B6, asam pantotenat, tiamin, vitamin A, vitamin E, niasin, dan vitamin B12.

Berikut perbandingan beberapa kandungan gizi pada 100 gram telur ayam berbanding 100 gram telur bebek.

Kalsium (mg) = 53 dibanding 64

Zat besi (mg) = 1,83 dibanding 3,85

Magnesium (mg) = 12 dibanding 17

Vitamin B6 (mg) = 0,14 dibanding 0,25

Vitamin B12 (mkg) = 1,29 dibanding 5,40

Vitamin E (mg) = 0,97 dibanding 1,34

Vitamin A (IU) = 487 dibanding 674

Meskipun demikian, kandungan gizi tersebut bisa berubah karena dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama makanan, lingkungan, dan keturunan.

Bebek yang sering diberi makan dengan pakan yang mengandung karoten akan menghasilkan kuning telur yang kaya akan vitamin A dan ditandai dengan warna kuning yang semakin mencolok.

Selain itu, faktor penyimpanan telur dan lamanya telur berada di luar ruangan setelah menetas juga sangat memengaruhi kualitas telur bebek.

Telur bebek segar akan menurun kualitasnya setelah disimpan lebih dari 14 hari pada suhu ruangan, serta bisa ditandai dengan konsistensi putih telur yang lebih encer.

Manfaat telur bebek untuk kesehatan

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang baik bagi tubuh manusia, tidak terkecuali telur bebek. Dalam 100 gram telur bebek, terkandung 12,81 gram protein atau sedikit lebih tinggi dari telur ayam 12,58 gram.

Selain itu, telur bebek juga merupakan sumber makanan yang kaya akan riboflavin, folat, zat besi, fosfor, vitamin B12, dan selenium. Kandungan nutrisi tersebut memberi manfaat telur bebek sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan

Khasiat telur bebek ini bisa dirasakan oleh Anda yang sedang menjalankan diet ketogenik. Selain tinggi akan protein, telur bebek juga rendah karbohidrat sehingga aman dimasukkan dalam menu diet Anda.

2. Menyehatkan sistem saraf

Kandungan kolin pada telur bebek membuat makanan ini dapat membantu sel-sel saraf untuk bekerja lebih efektif.

www.tempo.co

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com