JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bambang Resmi Daftar Cawabup, Pengamat Sebut Bisa Goyahkan Peta Politik Pilkada Sragen. Sinyal PDIP Usung Cabup-Cawabup Sendiri? 

Anggota Fraksi sekaligus mantan Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto saat menyerahkan formulir pendaftaran Bacawabup ke DPD PDIP Jateng. Foto/Istimewa
Anggota Fraksi sekaligus mantan Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto saat menyerahkan formulir pendaftaran Bacawabup ke DPD PDIP Jateng. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mencuatnya instruksi DPD PDIP Jateng agar semua kader fraksi mendaftarkan diri dalam Pilkada, mulai memunculkan spekulasi baru. Tak terkecuali di Sragen.

Munculnya nama mantan Ketua DPRD yang bakal didapuk Ketua Fraksi PDIP, Bambang Samekto mendaftar ke DPD, mendadak membuat heboh spekulasi politik.

Pengamat politik pun memandang majunya Bambang Samkekto yang akrab disapa Totok atau BS, bakal menjadi pembeda dan berpotensi mengobrak-abrik peta politik di Pilkada Sragen 2020.

Pengamat politik yang juga mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Roso Prajoko menilai sebuah kewajaran jika BS mendaftar sebagai cawabup karena dinilai punya modal dan potensi yang cukup kuat.

Sosoknya yang muda dan pernah menjabat Ketua DPRD Sragen, dipandang menjadi representasi generasi milenial.

Baca Juga :  Hasil Seleksi Sekda Sragen, Ini 3 Kandidat yang Terpilih Masuk Tiga Besar. Tinggal Bersaing Rebut Hati Bupati..

Terlebih, kiprahnya di kontestasi kepala daerah juga pernah dilakukan pada 2015 lalu meski baru sebatas di jajag pendapat.

”Kalau jadi mendaftar dan benar berpasangan dengan Yuni adalah sebuah kejutan. Karena BSE (Bambang Samekto, red) pernah muncul di publik saat pilkada 2015 lalu yang saat itu akan disandingkan dengan Agus Fatchur Rahman (AFR) namun tidak jadi berpasangan,” papar Roso kepada wartawan Selasa (10/12/2019).

Namun ia memandang, peluang Totok mendampingi Yuni, akan sangat tergantung mekanisme partai dari DPP PDIP. Karena jumlah calon yang mendaftar ke PDIP cukup banyak.

Menurut Roso, secara figur, Totok dinilai sudah cukup dikenal oleh pemilih milenial. Selama ini, Totok juga selalu muncul di permukaan dengan jargon dekat dengan kaum milenial.

Baca Juga :  Sopir Hilang Konsentrasi, Mobil Rush Terjun Masuk Selokan di Jalan Raya Solo-Sragen

”Dia juga cukup dikenal karena pernah menjadi ketua DPRD dan ketua DPC PDIP sehingga secara popularitas cukup populer,” ujarnya.

Namun, ia menegaskan langkah Totok dalam percaturan politik selama ini tidaklah selalu mulus. Sejarah mencatat bahwa BS pernah gagal menahkodai DPC PDIP karena kalah dalam mengusung Yuni-Darmawan dalam pilkada 2011 lalu.

”Untuk itu perlu adanya komunikasi politik antara BSE dengan Yuni dan dengan DPP PDIP agar rekomendasi jatuh ke tangan Yuni-Bambang,” terangnya.

Peta Politik Berubah 

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com