loading...
Loading...
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menghadiri acara Silaturahmi Anggota Legislatif Daerah Terpilih di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Panasnya suhu persaingan memperebutkan kursi Ketua Partai Golkar mendadak berubah menjadi dingin, terutama sejak Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengundurkan diri dari pencalonan.

Untuk itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bambang Soesatyo yang telah menyatakan mundur dari pencalonan sebagai ketua umum Partai Golkar.

Hal itu disampaikan Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Munas Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta pada Selasa (3/12/2019) malam.

“Yang kami banggakan Ketua MPR RI Mas Bambang Soesatyo. Terimakasih Mas Bamsoet, sudah membuka musyawarah ini menjadi adem, tenang,” ujar Airlangga Hartarto di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta pada Selasa (3/12/2019) malam.

Sebelumnya, Bamsoet memang mengumumkan pengunduran diri setelah bertemu tokoh senior Golkar sekaligus Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, di kantornya, Selasa siang.

Baca Juga :  Ini Perjalanan Cinta UAS dan & Mellya Juniarti dari Bertemu Hingga Resmi Bercerai

“Saya mengimbau kepada para pendukung saya yang selama ini bekerja keras, saat ini hanya ada satu Partai Golkar. Dengan ini saya mengundurkan diri dari pencalonan ketum Golkar,” ujar Bamsoet di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta.

Setelah Bamsoet mengundurkan diri, Airlangga Hartarto berpeluang besar terpilih secara aklamasi di Munas Golkar.

Ketua Panitia Pelaksana Munas Golkar Adies Kadir mengatakan hingga pembukaan malam ini masih melakukan lobi-lobi agar terjadi musyawarah mufakat dengan calon-calon yang hendak maju sebagai calon ketua umum.

“Masih dilakukan lobi-lobi, kita lihat sampai pembukaan 19.30 ini. Kalau tercapai musyarawah mufakat dan tidak ada calon lain yang maju, berarti otomatis aklamasi. Tidak ada pemilihan,” ujar Adies.

Sejauh ini, ada lima calon ketua umum yang lolos tahap penjaringan, yakni Ridwan Hisjam, Ali Yahya, Agun Gunandjar Sudarso, Bambang Soesatyo, dan Airlangga Hartarto. Menyusul Bamsoet, Agun Gunandjar sudah menyatakan mengundurkan diri. Ridwan Hisjam dan Ali Yahya juga disebut-sebut akan menyusul mundur.

Baca Juga :  Nelayan Temukan Ikan Oarfish di Pulau Selayar, di Jepang Sering Dihubungkan dengan Gempa Bumi

“Jadi, melihat dari calon yang lolos, untuk sampai saat ini, kan Pak Airlangga calon kuat. Lawan kuat beliau Bamsoet kan sudah mundur. Tapi, kita lihat lah nanti,” ujar Adies.

www.tempo.co

Loading...