JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Cegah Sengketa, Bupati Karanganyar Ingatkan Pengelola Masjid Segera Urus SK IMB. Ada 144 Masjid yang Sudah Kantongi IMB 

Penyerahan SK IMB. Foto/Humas

IMG 20191206 WA0026 768x354
Penyerahan SK IMB. Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta agar pengelola tempat ibadah bisa tertib hukum agar tidak timbul masalah.

Hal itu ia sampaikan saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada 144 Masjid di Kecamatan Gondangrejo kemarin.

Penyerahan SK IMB pada tempat ibadah dilakukan Bupati Karanganyar Juliyatmono, usai mengikuti Jumat Keliling (Jumling) di Masjid Al Mustaqim Dusun Cinet Desa Bulurejo Kecamatan Gondangrejo.

Baca Juga :  Nekat Hendak Terjang Pos Penyekatan, Sebanyak Delapan Mobil Pemudik Asal Jawa Timur Dipulangkan Paksa

Penyerahan SK IMB itu dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga berpesan agar semua tempat ibadah memiliki badan hukum. Karena dengan memiliki kekuatan hukum atau mengantongi izin pendirian bangunan dapat mencegah terjadinya sengketa lahan.

Baca Juga :  Siap-siap, Pemudik di Karanganyar Bakal Didata Babinsa. Diminta Karantina Mandiri 5-7 Hari Dulu Baru Boleh Keluar

“Tempat-tempat ibadah harus tertib secara hukum dan memenuhi ketentuan yang ada,” jatanya.

Ditambahkannya tempat ibadah khususnya Masjid-Masjid besar harus telah berbadan hukum. Karena Masjid merupakan pusat kegiatan ibadah umat muslim di masing-masing.

“Bangunan atau tempat ibadah harus memiliki legalitas. Kita akan bantu mengurus untuk kepemilikan IMB,”pungkasnya. Wardoyo