JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Fit and Proper Test Cabup di DPD PDIP, Bupati Yuni Buka-bukaan Soal Kriteria Calon Wakilnya. Begini Kriterianya!

Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo
Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bakal calon bupati dari petahana, Kusdinar Untung Yuni Sukowati memastikan sudah menjalani tes uji kepatutan kelayakan atau fit and proper test di DPD PDIP Jawa Tengah.

Yuni mengaku dicecar banyak pertanyaan oleh tim DPD PDIP Jateng. Namun ia menilai uji kepatutan kelayakan itu lebih seperti sebuah diskusi.

Hal itu ia sampaikan saat diwawancara wartawan di acara Car free Day (CFD) Akhir Tahun di Sragen, Minggu (22/12/2019).

Mbak Yuni, sapaan akrabnya, menyampaikan dirinya sudah mengikuti uji kelayakan dan hadir di kantor DPD PDIP, Sabtu (21/12/2019). Dia hadir di Panti Marhen DPD Jateng sekitar pukul 14.00 WIB.

Ia menyampaikan pada saat fit and proper test, ia diwawancara bersama sejumlah bakal calon kepala daerah lainnya.

Baca Juga :  Keren, Sragen Borong 5 Penghargaan Top BUMD Award 2020 di Jakarta.  Bupati Pesan BPR BKK Karangmalang dan BPRS Sukowati Lebih Intens Bantu Permodalan UMKM

Seperti dari Kabupaten Kendal, Magelang, dan Kabupaten Klaten. Yang melakukan interview adalah Sekretaris DPD DPIP Jateng Bambang Kusriyanto.

Yuni mengaku dicecar banyak pertanyaan. Terutama seputar motivasi, persiapannya mencalonkan diri sebagai Cabup dan alasannya memilih lewat PDIP.

”Banyak pertanyaan, tapi lebih seperti kayak diskusi. Ditanya soal motivasi, persiapan dan sebagainya,” terang Yuni.

Dalam kesempatan tersebut, Yuni juga mengaku sempat ditanya perihal kriteria wakil yang ia harapkan. Ia pun menyampaikan bahwa kriteria seorang wakil yang ia harapkan adalah yang mengerti posisinya.

”Tahu posisinya sebagai wakil. Ora entuk kemajon (tidak boleh melampaui). Selain itu juga diminta banyak penjelasan dari A sampai Z sudah saya paparkan,” terangnya.

Baca Juga :  Makin Naik, Berikut Daftar 10 Warga Sragen Positif Covid-19 Hari Ini. Ada Pasutri Tertular dari Boyolali, 3 Bocah Asal Plupuh dan Nakes asal Sidoharjo

Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno mengungkapkan ada dari undangan yang disampaikan DPD PDIP, bakal calon yang diundang mengikuti fit and propert test ada empat nama.

Mereka adalah yang mendaftar lewat DPC PDIP Sragen. Masing-masing Bakal Cabup, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan tiga bakal Cawabup yakni Dedy Endriyatno, Heru Waluyo dan Endro Supriyadi.

Ia menegaskan seluruh tahapan dan proses fit and proper test kewenangan penuh dari DPD dan DPP. DPC hanya memfasilitasi pendaftaran dan mengantarkan nama yang mendaftar ke DPP melalui DPD.

Selain itu, satu bakal cabup yakni Joko Suwoto juga ikut mendapat undangan dan menjalani fit and proper test di lokasi dan hari yang sama. Wardoyo