JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gus Hilman Meninggal Dalam Kecelakaan di Tol Malang Pandaan , Begini Kronologinya

Mobil Pengasuh Pesantren Al – Hikam Tabrak Truk di Tol Mapan. SURYA.co.id/Galih Lintartika

JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengasuh Pondok Pesantren mahasiswa Al – Hikam Malang Gus Hilman mengalami kecelakaan di Tol Malang – Pandaan (Mapan), Rabu (18/12/2019) pagi.

Putra ketiga almarhum KH A Hasyim Muzadi tersebut mengalami kecelakaan di KM 62 – 63 jurusan Pandaan – Malang, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Kecelakaan melibatkan dua kendaraan yakni Kijang Innova Nopol N 1261 DX, dan Truk Nopol BK 8006 DV.

Kijang Innova itu adalah kendaraan yang ditumpangi oleh H Hilman Wajdi.

Dari keterangan kepolisian, kecelakaan ini bermula saat Kijang Innova Nopol N 1261 DX yang dikemudikan Moh Izza Arroziq (22), sopir H Hilman Wajdi melaju dari arah Pandaan menuju Malang.

“Kami masih melakukan penyelidikan, namun dugaan kuat sopir kendaraan kijang Innova kurang berhati – hati dan menjaga jarak dengan kendaraan di depannya,” kata Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Bayu Halim.

Ia menjelaskan, kendaraan ini melaju dengan kecepatan tinggi di lajur lambat. Setelah itu, menyalip kendaraan yang ada di lajur cepat. Sesampainya di lokasi, dugaan kuat kendaraan ini kurang menjaga jarak.

Baca Juga :  Bawaslu Undang Partai-partai Untuk Bahas Protokol Covid-19

“Akibatnya, menabrak dari belakang kendaraan truk Nopol Bk 8006 DV yang dikemudikan Pujiarno. Truk ini juga berjalan searah dengan kendaraan kijang Innova tadi,” jelasnya.

Kasat menerangkan, untuk sopir truk tidak mengalami luka sedikit pun. Akan tetapi, sopir kijang Innova mengalami luka di pinggang dan memar di sejumlah tubuhnya.

Sedangkan, H Hilman Wajdi, kata Kasat, mengalami luka robek di kepala bagian belakang. Tangan kanan lecet. Keduanya dibawa ke RS Lawang Medika, Lawang, Malang.

“Insiden ini membuat satu orang meninggal dunia, yakni penumpang kendaraan kijang Innova (H Hilman Wajdi),”ungkapnya.

Bayu, sapaan akrab Kasatlantas menjelaskan, pihaknya masih akan terus menyelidiki penyebab utama kecalakaan ini.

Sementara itu, Kendaraan kijang innova Nopol N 1261 DX mengalami rusak pada bodi samping kiri sampai belakang. Ringsek, dan kaca depan pecah.

Sedangkan, kendaraan truk Nopol BK 8006 DV mengalami rusak pada bak belakang pojok kanan desok, slebor roda belakang bengkok, dan pengaman samping bengkok.

Baca Juga :  Polisi Bekuk 4 Pelaku Penipuan Berkedok Lelang di Instagram, Kaesang Pangarep Nyaris Jadi Korban

Diberitakan sebelumnya, Putra ketiga almarhum KH Hasyim Muzadi, Gus H. Hilman Wajdi meninggal dunia pada Rabu (18/12/2019) pagi.

Kabar tersiar dari sejumlah whatsApp grup pengajian Nahdatul Ulama.

Berikut isi lengkap pesan duka tersebut.

كل نفس ذائقة الموت.
البقاء لله تعالى.

Telah meninggal dunia Gus H. Hilman Wajdi, Lc.,MPd bin Dr. KH Hasyim Muzadi (Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang). Musibah Kecelakaan di exit Tol Purwodadi pagi tadi.

اللهم اغفر له و ارحمه و عافه و اعف عنه و اكرم نزله و وسع مدخله و اعل درجته في الجنة مع الأنبياء و الشهداء و الصالحين أمين يا رب العالمين.

Asna, salah satu keluarga membenarkan kabar meninggalnya putra KH Hasyim Muzadi ini.

“Benar tadi subuh meninggalnya. Mohon doanya, mohon dimaafkan kesalahan almarhum,” ujarnya kepada Tribunnews.com, Rabu (18/12/2019) pagi.

Informasinya, kecelakaan yang menyebabkan Gus H. Hilman Wajdi meninggal ini terjadi setelah Gus H. Hilman Wajdi mengantar salah seorang putrinya ke salah satu Pondok Pesantren di Jepara.

www.tribunnews.com