Ingin Rumah Tak Didatangi Ular Kobra, Ini Caranya

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Awal musim penghujan ini, kemunculan ular kobra menjadi fenomena yang cukup menghebohkan. Mengapa musim hujan banyak muncul ular, menurut pengelola Ular Kebun Binatang Bandung, Panji Ahmad Fauzan, musim hujan ini adalah awal musim menetas bagi ular kobra.

Ular kobra pun akan mencari tempat yang lembab dan hangat untuk bertelur, termasuk rumah warga.

Tak heran, beberapa berita tentang masuknya kobra di permukiman daerah Jember, Jawa Timur, Tangerang, Cakung di DKI Jakarta, dan Citayam di Jawa Barat sempat menghebohkan warga.

Bagaimana tios agar ukar tak datang ke rumah, ini yang harus dilajukan.

Hindari Tumpukan barang

Sangat disarankan untuk menghindari tumpukan barang di rumah, entah di pojok kamar dengan segudang pakaian atau di halaman rumah dengan perabotan pembersih tanaman.

Menurut para ahli, tempat dengan tumpukan barang sangat nyaman untuk disinggahi ular kobra. Jadi, sebaiknya atur barang dengan rapi, tertutup, dan berjarak.

Rumah wajib bersih

Kebersihan adalah hal penting yang patut dikerjakan untuk meminimalkan kehadiran ular kobra di rumah sebab dengan rumah yang bersih, kecoa hingga tikus tidak akan berkeliaran.

Sebaliknya, rumah yang kotor dan ditinggali oleh kecoa hingga tikus akan mudah didatangi oleh ular karena sifatnya sebagai predator dan mencari makanan favoritnya itu.


Membuat obat pengusir ular alami

Setelah rumah rapi dan bersih, hal lain yang bisa dilakukan adalah membuat obat pengusir ular alami. Ahli pengusir ular rumahan asal Amerika Serikat, Chipp Marshal, menyarankan untuk menyediakan campuran kayu manis dan minyak cengkeh. Menurut pengalamannya, ini sangat ampuh untuk menolak ular dari lokasi yang diinginkan.

www.tempo.co

Baca Juga :  Gloria Terharu Melihat Jenazah yang Diriasnya Meneteskan Air Mata