JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Dia Mitigasi Bencana yang Dilakukan Relawan Desa di Wonogiri, Mulai Tanam Bibit Pohon Hingga Bersihkan Sungai

   
Mitigasi bencana di Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Relawan di sejumlah desa di Wonogiri melaksanakan mitigasi bencana non struktural, Minggu (29/12/2019).

Kegiatan itu sebagai tindak lanjut pembentukan desa tangguh bencana (Destana). Para relawan desa secara mandiri telah menginisiasi warga setempat melaui kegiatan mitigasi bencana guna upaya pengurangan resiko bencana.

Di Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, relawan melakukan kegiatan gerakan mitigasi bencana melalui penanaman lebih dari 1000 pohon. Jenisnya adalah balok dan ringin, lokasi di area camping ground obyek wisata desa setempat.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Putra Manyaran Cup XVI 2024, Diikuti 45 Klub Catat Tanggal Mainnya

Di Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo, penanaman 1000 pohon dengan jenis ringin dan trembesi. Lokasinya di area sumber air dan embung Guwotirto. Sedangkan di Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri, telah melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai. Lokasinya di sepanjang Sungai Tandan hingga Sungai Kepatihan

Baca Juga :  Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Tetap Jadi Primadona Lebaran 2024

Mitigasi bencana yang dilakukan para relawan desa juga melibatkan unsur Forkompincam, aparat Desa, tokoh masyarakat serta warga setempat,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto.

Tujuan mitigasi bencana menurut dia, sebagai upaya penyadaran kolektif warga agar paham arti pentingnya menjaga alam menuju pengurangan resiko bencana. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com