JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Pelajar ke-5 Rebutkan Piala Bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X Digelar di Solo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Perisai Diri Soloraya menggelar Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri Antar Pelajar ke-5, Rabu-Minggu (18-22/12/2019), di Gor Sritex Arena. Kejuaraan yang akan diikuti 1.371 pesilat dari seluruh nusantara tersebut memperebutkan Piala Bergilir Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Ketua Panitia Kegiatan, Heru Tetuko LG mengungkapkan, beberapa tokoh dipastikan hadir dalam pembukaan kejuaraan nasional tersebut diantaranya Ketua IPSI, Prabowo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan lainnya. Dari ribuan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, peserta paling jauh berasal dari Timur Leste.

“Target untuk Soloraya tidak muluk-muluk, yaitu Juara Umum 2. Karena lawannya berat dan full tim seperti Bali, Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Mereka full tim dan merupakan lawan berat,” urainya, Jumat (13/12/2019).

Baca Juga :  Soal Status Seorang Tersangka Aksi Unjuk Rasa, Polisi Sebut Palu Digunakan untuk Pecahkan Batu, Lalu...

Penasihat Kegiatan, Daryatmo menambahkan, kompetisi ini merupakan salah satu kebanggan Kota Solo karena mewadahi bakat dan potensi atlit sejak dini mulai dari pelajar SD hingga SMA.

“Dari kegiatan ini diharapkan akan lahir calin-calon atlit andalan silat berprestasi,” tukasnya.

Sementara itu, beberapa nomor yang dipertandingan untuk versi IPSI yaitu dari kelas Tanding, Tungga Baku, Beregu. Sedangkan untuk versi Perisai Diri diantaranya Serang Hindar (semacam tanding), Solo Spell (semacam tunggal beregu), Teknik Berpasangan Tangan Kosong dan Senjata (Semacam Ganda) dan Teknik Asli Beregu dan Senjata (semacam beregu).

Baca Juga :  Semakin Marak, Kapolresta Solo Tegaskan Aksi Balap Lari Liar Dilarang

Perisai Diri sendiri dibentuk tahun 1955 oleh RMS Soebandiman Dirdjoatmojo (Alm). Penyelenggaraan event ini juga memiliki tujuan yakni memberikan dasar bagi terbentuknya insan manusia berbudi luhur kepada pelajar sebagai generasi bangsa. Serta sebagai sarana melahirkan atlit Kelatnas Indonesia Perisai Diri yang tangguh berprestasi baik tingkat nasional hingga international. Seperti pesilat memorial kelas Dunia (Joko Widodo), Kelas Asia (Tony Widya dkk ) yang mengawali silat Indonesia masuk asia tahun 1980 an, Kelas Dunia yang baru ngetrend (Wewey Wita) serta Mantan Atlet yang merambah layar lebar (Pricilia Nasution) serta masih banyak lagi. Triawati PP