JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ujian Panwascam Sragen Dilanda Kekacauan. Server Mendadak Error, Puluhan Peserta Gagal Ujian

Para peserta ujian Panwascam sesi pertama sebelum dilanda server eror, Kamis (13/12/2019). Foto/Wardoyo
Para peserta ujian Panwascam sesi pertama sebelum dilanda server eror, Kamis (13/12/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN,JOGLOSEMARNEWS.COM Ujian seleksi Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sragen hari ini, Kamis (13/12/2019) diwarnai kekacauan. Puluhan peserta terpaksa gigit jari lantaran server dilanda masalah.

Mereka gagal melaksanakan tes karena server eror. Salah seorang peserta Widodo dari Kecamatan Ngrampal Sragen mengungkapkan, tes sesi pertama pukul 08.00 WIB lancar.

Namun saat akan dimulai sesi kedua pukul 10.00 WIB, para peserta mengeluhkan tidak bisa login.
Puluhan peserta ujian tes Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sragen itu pun panik dan kebingungan. Mereka pun akhirnya terpaksa urung mengikuti ujian CAT.

“Tadi begitu masuk, komputer nggak bisa login. Sempat bingung, tapi katanya eror dari sistem. Kecewa pasti, karena semalam sudah persiapan belajar,” ujar salah satu peserta kepada wartawan, seusai ujian.

Baca Juga :  Buntut Aksi Boikot Media Saat Penetapan Paslon Pilkada Sragen, Mantan Komisioner Rame-Rame Soroti Kinerja KPU. Roso Khawatir Kepercayaan Publik Memburuk, Budi Sebut Bikin Malu Sragen!

Widodo mengakui memang ada masalah di komputernya yakni tidak bisa online untuk peserta tes sesi ke dua Pukul 10.00 WIB- 11.30 WIB.
Sejumlah 80 peserta yang terbagi empat kelas itu juga harus menunggu sejam karena sistem sedang dibenahi dari pusat.

Namun tetap saja tidak bisa. Akhirnya Bawaslu pun memutuskan menunda pelaksanaan ujian ini.
Hal ini disebabkan sistem dari Bawaslu Pusat mengalami masalah.

“Sepertinya dilaksanakan besok sekaligus tes wawancara. Menurut saya panitia pusat kurang profesional saja. Kalau Bawaslu sini memang tidak bisa apa-apa karena sistem pusat,” urainya.

Menyikapi persoalan itu, salah satu Komisioner Bawaslu bidang Organisasi dan SDM Edy Suprapto mengatakan, tes Panwascam untuk 231 peserta dibagi tiga sesi setiap sesi 4 kelas setiap kelas 80 orang sisannya terakhir.

Baca Juga :  Sempat Mencekam, Begini Kronologi Pengeroyokan Rombongan Anggota PSHT di Pilangsari Sragen. Awalnya Pulang Latihan, Disalip Gerombolan 25 Orang Bermotor Lalu...

Menurutnya sedianya, tes pertama pukul 08.00-09.30 WIB berjalan lancar, namun untuk sesi kedua mengalami kendala peserta tidak bisa login.

“Masalahnya memang sesi pertama lancar, sesi ke dua server tidak bisa login. Artinya akan dijadwalkan ulang untuk sesi ke dua. Ada 80 orang yang harusnya jam 10 sampai setengah 12,” paparnya.

Edy Suprapto menguraikan untuk materi tes masalah regulasi teknis penyelanggaraan pemilu dan muatan lokal dan regulasi lainya.

Setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 100 soal. Setelah tes tertulis ini akan dilanjut tes wawancara besok pagi. Wardoyo