JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Lupakan Pro Kontra, Dewas KPK Bakal Susun Kode Etik Internal

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019)/ tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan  Korupsi (KPK) akan segera menyusun kode etik internal.

Demikian dikatakan oleh Ketua Dewan Pengawas KPK,  Tumpak Hatorangan Panggabean. Hal itu, menurut Tumpak, karena Undang-undang Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK tidak mengatur tentang hal itu.

“Kami akan buat, walaupun undang-undang tidak mencantumkan, tetapi tentunya secara internal Dewas harus punya kode etik,” katanya setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga :  Denny Indrayana Tak Yakin Hakim MK Mau Berkorban dan Jadi Pahlawan demi Selamatkan Demokrasi, Seperti Ini Prediksinya

Sebelumnya, pimpinan KPK 2015-2019 merekomendasikan beberapa persoalan kepada Presiden Jokowi. Salah satunya adalah pengaturan kode etik bagi anggota Dewan Pengawas KPK.

Komisioner KPK 2015-2019, Saut Situmorang mengatakan, Dewan Pengawas merupakan bagian dari lembaga KPK sehingga perlu diatur lewat kode etik, sama seperti pimpinan dan pegawai. Adapun kode etik untuk pimpinan dan pegawai tertuang dalam Peraturan KPK Nomor 7 Tahun 2013.

Baca Juga :  Bukti Lebih dari Cukup, Hamdan Zoelva Yakin MK Bakal Kabulkan Gugatan Anies-Muhaimin

Mengenai tugasnya, Tumpak menuturkan, ia dan koleganya bakal memberikan dukungan kepada pimpinan KPK yang baru.

“Fundamen yang kuat untuk pimpinan KPK bisa melaksanakan secara baik dan menjamin kepastian hukum,” tuturnya.

Menurut Tumpak, saat ini pihaknya tidak lagi membicarakan pro dan kontra keberadaan Dewan Pengawas. Pasalnya, UU KPK yang baru telah sah dan berlaku.

“Kami bicara ke depan. Kami laksanakan kalau ada hal yang dirasa kurang mohon disempurnakan lagi,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com