JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pemkot Solo Tunggu Instruksi Gubernur Terkait Larangan Konsumsi Daging Anjing



Sejumlah banner terpasang saat kelompok pecinta anjing dari berbagai kota di Jawa Tengah menggelar kampanye Anjing Bukan Makanan di acara hari bebas kendaraan kawasan Simpanglima, Semarang (9/4/2017) / tempo.co

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Menindaklanjuti instruksi dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Pemerintah Kota Solo kini menunggu instruksi soal pembuatan perturan daerah (Perda) mengenai larangan daging anjing.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, sebenarnya Perda bukan lagi satu-satunya solusi yang bisa sitempuh.

“Hingga saat ini kami belum dapat instruksi dari gubernur,” kata FX Hadi Rudyatmo di Surakarta, Rabu (4 Desember 2019. Menurutnya, Pemkot Surakarta siap menjalankan arahan dari Ganjar Pranowo terkait pembuatan perda tentang larangan konsumsi daging anjing.

Baca Juga :  Diledek Kaesang Gajinya Sebagai Wali Kota Kecil, Gibran: Urip Ndak Selamanya Nyari Duit!

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kota Solo membuat peraturan daerah larangan mengkonsumsi anjing.

Advertisement

Hal itu disampaikan Ganjar ketika bertemu aktivis perlindungan hewan Dog Meat Free Indonesia pada Selasa (3/12/2019).

Baca Juga :  Operasi Patuh Candi 2021, Polresta Solo Terjunkan Enam Mobil Masker, Tegakkan Prokes Hingga ke RT dengan Simpatik dan Humanis

“Sebenarnya pembuatan perda bukan satu-satunya solusi,” kata Rudyatmo.

Pasalnya, larangan konsumsi daging anjing tidak bisa diberlakukan secara mendadak lantaran telah menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat.

Menurutnya, larangan itu harus diawali dengan menjalin komunikasi yang intensif dengan para pemilik warung daging anjing.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua