loading...
Loading...
Gua Song Gilap di Pracimantoro, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Libur telah tiba, libur telah tiba..hore..hore.. Yup, memasuki libur Natal dan Tahun Baru sekaligus libur sekolah memang paling asyik buat piknik, gaes. Apalagi kalau tempat pikniknya tidak jauh-jauh amat dan lain dari yang lain.

Nah, kali ini JOGLOSEMARNEWS.COM, menyajikan deretan lokasi wisata yang cocok buat mengisi liburan kamu. Semuanya ada di kabupaten ujung tenggara Jateng, mana lagi kalau bukan Wonogiri. Bukan pantai atau air terjun maupun wisata perbukitan. Kali ini khusus mengenai wisata gua karst. Cekidot.

Dilansir dari Buku Pintar Kabupaten Wonogiri, Kota Mete terutama wilayah selatan merupakan kawasan karst Gunung Sewu. Area ini sebagian besar berupa pegunungan kapur yang menyimpan potensi wisata alam berupa gua. 

Berikut adalah 5 wisata gua karst yang ada di Kabupaten Wonogiri :

  1. Gua Tembus

Gua Tembus merupakan situs gua pertama jika akan memasuki kawasan wisata Museum Karst Indonesia di Kecamatan Pracimantoro. Dinamakan Gua Tembus karena gua ini memiliki lorong yang tembus hingga ujung bukit. Panjang gua sekitar 100 meter dengan menyajikan keindahan stalagtit yang menghiasi atap goa. 

  1. Gua Putri Kencono
Baca Juga :  Salut, Anggota Koramil Manyaran Wonogiri Secara Rutin Bagi-bagi Sembako Untuk Warga Kurang Mampu. Ternyata Tak Hanya Wujud Kepedulian TNI di Wilayah Binaan

Gua ini terletak di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro atau berjarak 45 kilometerm dari Kota Wonogiri arah barat daya. Menyajikan keindahan berupa stalagtit yang masih terus tumbuh. Air yang menetes dari ujung stalagtit begitu bening dan dingin.

Berdasarkan mitos yang berkembang, Goa Putri Kencono merupakan istana persemayaman Putri Kencono Wungu dari Majapahit.

  1. Gua Sodong

Gua Sodong merupakan satu gua di kompleks Museum Karst Indonesia  yang terletak sekitar 100 meter arah barat. Di Gua Sodong terdapat aliran sungai bawah tanah yang masih dimanfaatkan warga sekitar. Gua ini memiliki panjang lorong yang belum diketahui karena belum ada yang berani menyusuri hingga ujung.

  1. Gua Song Gilap

Gua Song Gilap terletak di selatan Musuem Karst. Dinding mulut gua Song Gilap menjulang tinggi sekitar 75 meter dengan lebar 150 meter. Setelah dilakukan penelitian terdapat jejak peradaban kehidupan masa lampau di tempat ini. Ditemukan sisa tulang belulang dan artefak yang merupakan bukti tempat ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal.

  1. Gua Potro Bunder
Baca Juga :  Yuk, Renang Sambil Kulineran di Blowing Resto!

Gua Potro Bunder juga masih satu kompleks gua di Museum Karst Indonesia. Gua ini menyajikan paduan stalagtit yang terukir indah di atap dan dindingnya.  Besar lorong gua menjadikannya tampak begitu megah menyerupai sebuah bangunan dengan ruang yang terukir alami.

So, mumpung masih ada waktu liburan, ga ada salahnya kamu kunjungi gua-gua itu. Boleh salah satunya saja, sukur-sukur semuanya sekaligus.

Soal infrastruktur jalan, tak perlu khawatir, sudah mulus namun lalu lintasnya lengang. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kamu bakal disuguhi panorama eksotis khas Wonogiri yang memadukan deretan perbukitan, beningnya air waduk dan cuaca yanga sejuk. Aria

Loading...