JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Usai Dihajar Habis-Habisan, Remaja Pencuri di Pasar Sumberlawang Sragen Akhirnya Dilepaskan

Remaja pencuri yang tertangkap di Kios Pasar Sumberlawang saat diamankan petugas dari amuk massa. Foto/Wardoyo
Remaja pencuri yang tertangkap di Kios Pasar Sumberlawang saat diamankan petugas dari amuk massa. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Remaja pelaku pencurian di sejumlah kios di Pasar Sumberlawang, Sragen dan tertangkap warga dua malam lalu, akhirnya dilepaskan oleh polisi.

Polsek setempat memutuskan melepas remaja itu setelah ada perdamaian antara keluarga pencuri berinisial IWN (17) asal Ngargotirto, Sumberlawang itu dengan pihak pedagang dan warga.

IWN dilepaskan setelah dihajar habis-habisan oleh warga yang gemes dengan ulah dekilnya berulangkali mencuri di pasar Sumberlawang. Bahkan, remaja bengal yang dikenal pengangguran sukses itu, mencuri selama hampir dua bulan dan menyasar lebih dari 10 kios di Pasar Sumberlawang.

“Karena sudah ada perdamaian dan tersangka juga masih di bawah umur, sehingga kami lepaskan. Tersangka ini sendirian tinggal, nggak punya bapak ibu dan dia nggak sekolah,” papar Kapolsek Sumberlawang, AKP Fajar Nur Ihsanudin mewakili Kapolres saat dihubungi wartawan, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga :  Diiringi Hujan Air Mata, Ustadz Muda Habib MA Pimpinan Ponpes Shobo Guno Sragen Dimakamkan Pas Adzan Magrib. Ratusan Pelayat Menyaksikan dari Kejauhan

Kapolsek menguraikan tersangka memang sudah berulangkali mencuri di pasar. Namun barang yang dicuri nilainya hanya ratusan ribu dan tidak sampai juta-jutaan.

Atas pertimbangan itulah, ia akhirnya memutuskan melepas remaja itu dengan janji tidak mengulangi lagi. Menurutnya, pelaku serupa juga pernah ditangkap dan sudah kapok.

“Mungkin ini titisannya,” imbuh Kapolsek.

Sementara, Lurah Pasar Sumberlawang, Joko Supriyanto mengungkapkan IWN berhasil di bekuk pedagang pasar saat mencoba Membobol kios milik Yuni pedagang toko kelontong di Pasar Sumberlawang dua malam lalu.

Baca Juga :  Melonjak Tambah 10 Warga Positif Hari Ini, Jumlah Kasus Covid-19 Sragen Jadi 466 Kasus. Jumlah Warga Meninggal Terus Bertambah Jadi 62 Orang

Pelaku ditangkap setelah menggasak barang dagangan gula dan minyak dari toko korban. Aksi pelaku diendus setelah melalui pengintaian panjang yang dilakukannya selama hampir dua bulan terakhir.

“Kemarin malam ditangkap jam 21.30 WIB. Namanya warga dan massa menika gemes ya akhirnya memukuli. Kalau nggak kami amankan sudah nggak tahu jadinya. Karena memang sudah berkali-kali nyuri di kios. Sudah ada lebih dari 10 kios yang dicuri,” tukas Joko.

Selain itu, salah satu pedagang, Santoso mengaku telah mengalami pencurian beberapa kali di warungnya, bahkan uang tunai.

“Banyak Mas yang kena. Mulai dari uang, minyak, dan terakhir gula dihitung bisa hampir satu karung,” bebernya. Wardoyo