JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Balas Dendam Kematian Qassem Soleimani, Iran Siapkan 13 Skenario Serangan ke AS

Jenderal Qassem Soleimani.[Business Insider] / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –  Sebagai bentuk pembalasan dendam atas kematian pemimpin pasukan elit Garda Revolusi Iran, Jenderal Qassem Soleimani, Iran telah mempertimbangkan 13 skenario serangan pembalasan ke Amerika Serikat (AS).

Sekretaris Dewan Keamanan Mahkamah Nasional Iran, Ali Shamkhani mengungkapkan tentang 13 strategi pembalasan tanpa merincinya.

Shamkhani hanya menyatakan, bahkan opsi paling lemah pun akan menorehkan sebuah mimpi buruk dalam sejarah Amerika.

Selain itu, Shamkhani mengatakan, semua pasukan AS di Timur Tengah akan diserang. Semua pangkalan militer AS di Irak sudah dalam pemantauan Iran.

Bahkan pihaknya tahu secara jelas jumlah personel dan perlengkapan pasukan AS di sana.

Iran pun mendesak AS menarik semua pasukannya dari wilayah Timur Tengah secara sukarela. Jika tidak bersedia, Iran berjanji akan menghancurkan pasukan dan pangkalan militernya.

Sementara Sekretaris Jenderal milisi Hizbullah di Libanon, Hassan Nasrallah mengatakan semua pangkalan militer AS, semua kapal perang dan setiap personel militer di kawasan Timur Tengah saat ini menjadi target serangan.

“Kami akan melancarkan pertempuran melawan para pembunuh itu, mereka yang kriminal,” kata Nasrallah sebagaimana dilaporkan Daily Mail.

Sementara itu, jenderal Hossein Salami, Kepala Pengawal Revolusi Iran, sebagaimana dilaporkan Reuters, 7 Januari 2020 memastikan akan membalas kematian jenderal Qassem Soleimani. 

www.tempo.co

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya