JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Berita Sukoharjo. Jos, Sepanjang Bengawan Solo Akan Ditanami Akar Wangi. Ternyata Untuk Menahan Longsor dan Diambil Minyaknya

   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komandan Kodim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa didampingi Pasiter Kapten Inf Gasar meninjau lokasi yang akan ditanami akar wangi.

Lokasi penanaman direncanakan di sepanjang tanggul Bengawan solo yang melintasi wilayah Kodim 0726/Sukoharjo. Antara lain di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Nguter, Bulu, Tawangsari, Grogol dan Mojolaban.

Program penanaman rumput akar wangi itu sebagai penahan tanah di daerah tanggul sungai yang rawan jebol. Karena menurut penelitian akar wangi bisa menahan longsor untuk jangka pendek, akar tumbuhan akar wangi bisa menembus bebatuan dan punya kekuatan menahan erosi atau tanah longsor sekuat seperenam kawat baja.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Dengan tanaman ini, Dandim berharap mampu menahan tanah tanggul agar tidak ambrol. Pasalnya, akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah.

“Di tanggul sungai di sepanjang aliran Bengawan Solo ini rawan jebol. Untuk itu kami berinisiatif untuk membudidayakan tanaman akar wangi ini,” jelas Dandim, Rabu (29/1/2020).

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Selain untuk mencegah tanggul jebol tanaman akar wangi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disepanjang tanggul. Karena akar wangi ini salah satu jenis rumput yang memiliki akar wangi yang bisa menghasilkan ekstrak minyak atsiri yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com