JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Berita Sukoharjo. Unik Ada Lomba Gropyokan Tikus di Banmati Sukoharjo. Ternyata Dalam Rangka Ini

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kelurahan Banmati, Kecamatan Sukoharjo melaksanakan lomba gropyokan tikus antar kelompok petani.

Informasi dari laman resmi Pemkab Sukoharjo, Selasa (21/1/2020), lomba dilaksanakan di areal persawahan Gapoktan Maju makmur Poktan Sumber Rejeki Kelurahan Banmati. Lokasi tepatnya di utara SMPN 6 Sukoharjo, Minggu (19/1).

Sedikitnya 80 hektare sawah di wilayah Banmati mengalami gagal panen akibat hama tikus.

Hasil tangkapan lomba gropyokan tikus hari itu diperoleh 521 ekor. Lomba gropyokan tikus ini dalam rangka mendukung program tanam padi Masa Tanam (MT 1) Tahun 2020 yang direncanakan dilaksanakan secara serentak pada bulan Januari.

Baca Juga :  Kebakaran Gudang Plastik di Kluyon Gawok Desa Waru Baki Sukoharjo, Kerugian Capai 100 Juta, Sebagian Besar Barang Tak Bisa Diselamatkan

“Kegiatan ini harus berlanjut dan rutin diadakan dengan inovasi melalui lomba berhadiah uang tunai dan piala, sehingga hasil yang didapatkan akan maksimal” kata Babinsa.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, dalam rangka mengawali musim tanam (MT1) yang jatuh pada awak tahun 2020 ini, pemberantasan tikus merupakan antisipasi serangan hama tikus sejak awal agar tidak ada gangguan pada tanaman padi. Biasanya hama tikus akan menyerang dan mengerat batang padi hingga menimbulkan kerusakan hingga berhektar-hektar,” terang Babinsa Pelda Setyono.

Baca Juga :  Update COVID-19 Sukoharjo, Terkini Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif Corona Mencapai Angka 524

Tikus dapat menyerang beberapa jenis tanaman seperti padi, kacang tanah, kedelai, ubi kayu,ubi jalar, tebu kelapa. Tetapi tanaman yang sering diserang dan paling disenangi adalah padi. Serangan pada tanaman padi memperlihatkan pada bagian batangnya terpotong. Aria