JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Nadiem Makarim: Mahasiswa Bisa Magang 3 Semester di Lembaga Nirlaba

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (kedua kanan) mendengarkan penjelasan Sekretariat Daerah Pemkot Pasuruan, Jawa Timur Bahrul (kedua kiri) saat mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Negeri Gentong yang ambruk di Pasuruan, Jawa Timur Kamis (5/11/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan ‘Empat Kebijakan Kampus Merdeka’, Jumat (25/1/2020), yang salah satunya adalah kebijakan magang tiga semester.

Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, kebijakan magang tiga semester itu merupakan favoritnya dan merupakan yang terpenting dari kebijakan yang diluncurkan tersebut.

Nadiem mengatakan, kebijakan magang tiga semester bagi mahasiswa itu tidak hanya sebatas magang di perusahaan atau industri.

“Sama sekali tidak, karena program kerjanya itu bukan hanya magang di perusahaan. Bisa misalnya project desa, bisa magang di bidang nonprofit, malah bisa melakukan penelitian,” kata Nadiem dalam konferensi pers di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (25/1/ 2020).

Menurut Nadiem, magang tiga semester itu justru bisa dimanfaatkan untuk penelitian mendalam. Dia menilai mahasiswa justru tak bisa sepenuhnya meneliti jika kuliah tanpa turun ke lapangan.

Selain itu, Nadiem menyebut program ini akan berdampak untuk para dosen yang membina magang.

Mereka, kata dia, akan meningkat kapasitas dan pergaulannya di dunia nyata.

“Bukan perusahaan saja magangnya tapi semua opsi research dan lain-lain juga akan berdampak,” ujar mantan bos Gojek tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan ‘Empat Kebijakan Kampus Merdeka’ pada hari ini, Jumat, 25 Januari 2020.

Nadiem menyebut kebijakan magang tiga semester ini merupakan favoritnya dan yang terpenting dari kebijakan yang diluncurkan hari ini.

Kebijakan ini akan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar prodi selama tiga semester. Mahasiswa dapat memilih untuk belajar di prodi lain serta magang di luar kampus.

www.tempo.co

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring