JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sejarah, SMAN 1 Sragen Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional Untuk Kali Pertama. Saking Bangganya, Bupati Langsung Janjikan Hadiah Lapangan Futsal

Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga, Kadisdik Suwardi, Kadis LH Samsuri saat berjoget duduk bersama siswa usai penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional, Kamis (30/1/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM SMAN 1 Sragen kembali mencatatkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional. Penghargaan bergengsi yang diraih 2019 itu pun mendapat apresiasi tinggi dari Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Bupati secara langsung hadir untuk menyerahkan penghargaan itu. Piagam penghargaan itu diserahkan kepada Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati di hadapan ratusan siswa, guru, dan jajaran sekolah di aula SMA tersebut, Kamis (30/1/2020).

Bahkan, saking bangganya, bupati menjanjikan bakal memberikan hadiah lapangan futsal untuk SMA terfavorit di Bumi Sukowati itu.

“Ini sangat berarti sekali karena kerja keras dari semua warga SMAN 1 Sragen. Setelah tertahan beberapa tahun, akhirnya bisa meraih penghargaan nasional Adiwiyata. Apalagi, penghargaan diberikan tanpa verifikasi dari tim kementerian karena memang sudah yakin dan percaya dengan SMAN 1 Sragen,” papar Beti kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Menurutnya, raihan penghargaan Adiwiyata Nasional pertama bagi SMAN 1 itu tak lepas dari sinergitas yang baik dari semua pihak mulai dari bapak ibu guru, siswa, orang tua, komite hingga pengawas sekolah.

Baca Juga :  Geger Perusakan Tugu Perguruan Silat di Sragen, Danrem 074 Surakarta Langsung Turun Gunung. Sebut Kalau Ada Oknum Yang Memanaskan Sragen, Siap Bantu Usut Provokatornya!
Foto/Wardoyo

Bahkan, dari orang tua siswa juga tergerak membantu tanaman demi mendukung hajat sekolah meraih penghargaan Adiwiyata nasional.

“Seperti yang disampaikan Bu Bupati tadi, harapan kita ke depan bisa meningkat dan meraih Adwiyata mandiri. Kemudian bisa lebih meningkatkan kepedulian lagi terhadap lingkungan. Kita sudah melakukan dengan memininalkan sampah plastik, bawa air minum dari rumah, tidak makan makanan berpengawet dan pewarna buatan sampai makan pakai daun. Di kantin juga pakai daun,” tegasnya.

Ia juga mengapresiasi kesediaan bupati yang hadir dalam kegiatan itu. Bahkan sampai memberikan hadiah akan membangunkan lapangan futsal.

Baca Juga :  Beredar Video Aksi Arogan Ratusan Massa Berkonvoi dengan Beringas Rusak 3 Tugu PSHT dan Satu Rumah di Sragen. Warga Sampai Ketakutan dan Bersembunyi di Rumah

Sementara, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan penghargaan Adiwiyata nasional bagi SMAN 1 Sragen menjadi spesial karena satu-satunya SMA di Sragen yang bisa meraih Adiwiyata Nasional.

Sementara, dari 9 sekolah peraih Adiwiyata di Sragen tahun 2019, mayoritas adalah SD negeri salah satunya SDN di Miri.

Foto/Wardoyo

Ditambahkannya, dirinya berkenan hadir secara langsung menyerahkan penghargaan agar bisa secara bersilaturahmi dengan sekolah-sekolah peraih Adiwiyata serta menjadi cambuk bagi sekolah lain untuk mengikuti jejak meraih prestasi yang sama.

“Supaya bisa men-encourage sekolah-sekolah yang lain juga ikut terpacu untuk melakukan hal yang sama. Sekolah yang dapat Adiwiyata juga kita beri hadiah, tergantung kebutuhan sekolah. Kalau di sini tadi minta lapangan futsal. Mudah-mudahan bisa memacu sekolah-sekolah yang lain untuk meraih penghargaan yang sama,” tandasnya. Wardoyo