JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap Alasan Polres Wonogiri Tanam Ribuan Bibit Pohon di WGM, Ternyata Untuk Mitigasi Bencana Mendukung Penghijauan Wonogiri

Kapolres menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan elemen masyarakat. Dok. Humas Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anggota Polres Wonogiri dipimpin Kapolres AKBP Christian Tobing menanam ribuan bibit pohon aneka jenis di kawasan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Rabu (8/1/2020).

Selain itu, diserahkan bibit pohon untuk ditanam di Joglo dan Watucenik Desa Sendang Kecamatan Wonogiri.

Kapolres menjelaskan, penanaman bibit pohon untuk mitigasi bencana bersama Polres Wonogiri. Tema yang diusung adalah Polri Peduli Penghijauan, Polres Wonogiri Menanam Pohon Guna Mendukung Penghijauan di Wilayah Kabupaten Wonogiri.

“Harapan saya acara ini membawa berkah dan bermanfaat bagi kehidupan dan kelestarian alam. Semua ini diadakan dengan tujuan selain mendukung program Bapak Kapolri tentang peduli penghijauan, juga mendukung program pemerintah dalam upaya melestarikan lingkungan dan alam sekitar dengan program penanaman sejuta pohon yang akan ditanamkan oleh Bapak Presiden besok tanggal 10 januari 2020,” jelas Kapolres.

Baca Juga :  MUI itu Njejegne Aturan Dengan Hikmah, Disampaikan Ketua MUI Jateng Ahmad Dharoji Ketika Mengukuhkan Pengurus MUI Wonogiri, Ini Para Pengurusnya

Dengan penanaman pohon banyak manfaat yang didapat ujar dia. Di antaranya mencegah banjir dan tanah longsor, serta dapat dipastikan udara menjadi bersih sehat dan segar.

Selain itu sumber mata air akan bermunculan sehingga di musim kemarau tidak akan khawatir krisis air bersih. Juga segala bencana dapat dicegah termasuk peningkatan suhu bumi yang terus naik karena rusaknya ozon.

“Saya menyadari bahwa bibit yang saya bagikan ini jauh dari cukup mengingat lahan kritis yang ditanami amat luas. Untuk itu saya menggugah kesadaran dan partisipasi semua pihak juga masyarakat pada umumnya untuk berupaya mencari bibit dan menanamnya sebanyak mungkin agar apa yang menjadi cita-cita kita bersama menjadikan bumi nyaman dapat tercapai,” beber dia.

Sementara Asisten Perekonomiam dan Administrsi Pembangunan Sekda Wonogiri Bambang Hariyadi, berujar, Kabupaten Wonogiri selama ini dikenal sebagai wilayah yang rentan bahaya. Kerap terjadi bencana kekeringan di musim kemarau dan rawan banjir dan tanah longsor pada saat musim penghujan.

Baca Juga :  Komunitas Ojek Online Grab Gajah Mungkur Wonogiri dan Yayasan Peduli Kasih Salurkan Bantuan Air Bersih dan Sembako untuk Warga Paranggupito

“Harus ada langkah nyata dalam menjaga dan memelihara lingkungan agar menjadi nyaman salah satunya dengan menjaga lingkungan,” ujar dia.

Terkait penanaman tanaman penghijauan dari keluarga besar Polres Wonogiri, ada beberapa manfaat yang dapat dipetik. Terutama adalah menghadirkan tanaman mengurangi erosi permukaan sekaligus memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Kegiatan ini juga memiliki nilai edukasi bagi masyarakat agar ikut memahami arti penting menjaga kelestarian hidup bagi kehidupan.

Penanaman bibit pohon juga dihadiri
Dandim 0728/ Wonogiri Letkol Inf. Imron Masyhadi, jajaran Forkopimda, dinas terkait, jajaran Polres Wonogiri, relawan dan warga. Aria