JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

UMKM Diharap Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

lisa ariyani

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan memiliki produk berstandar global, sehingga mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dengan standar global tersebut, diharapkan  produk UMKM memiliki daya saing untuk menembus pasar ekspor di berbagai negara.

Harapan tersebut disampaikan oleh Samsul Hadi selaku founder FOKUS UMKM dan CEO Lunas dalam Focus Group Discussion (FGD) di gedung PLUT Surakarta, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga :  Gibran Dapat Undian Nomor 1, Bagyo Nomor 2

“Harapan saya UMKM bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Produknya mempunyai strandar global, sehingga produk luar tidak gampang masuk ke sini,” tutur Samsul Hadi.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 26 peserta dari kalangan pemerintah, akademisi, komunitas, pelaku usaha dan media.

Selain Samsul Hadi, bertindak selaku pembicara dalam acara yang mengusung tema penguatan gerakan nasional UMKM naik kelas, Teguh Wiji selaku PLUT Surakarta.

Baca Juga :  Front Pemuda Madura Ajak Pemuda Bangkit Di Tengah Pandemi Adopsi Semangat Pertamina

Sementara itu,Ketua FOKUS UMKM Surakarta, Edi Suhardi berharap hasil dari kegiatan FGD tersebut akan disampaikan kementerian untuk meningkatkan UMKM naik kelas.

“Harapannya nanti, ini bisa menjadi acuan, ya syukur-syukur sampai tingkat nasional, tidak hanya Jawa Tengah. Di Tahun 2016 dulu kita juga sudah mengadakan FGD dan menjadi acuan,” tutur Edi.

Naik kelas yang dimaksud, menurut Edi, tidak hanya dalam peningkatan pendapatan saja,  melainkan juga mutu, kreativitas dan juga sumber daya manusia (SDM). lisa ariyani