JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Viral, Ikan-ikan di Gorontalo ini Naik ke Permukaan, Sering Dikaitkan dengan Tanda Gempa, ini Penjelasan BMKG

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belum lama ini atau tepatnya pada, Senin (6/1/2020)sebuah fenomena ikan-ikan laut naik ke permukaan terjadi di Gorontalo, peristiwa tersebut kemudian viral di media sosial. Gerombolan ikan yang naik ke permukaan dikaitkan dengan dugaan sebagai pertanda gempa bumi di wilayah itu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menanggapi fenomena alam di Pelabuhan Gorontalo.

“Pendapat tersebut tentu saja tidak benar,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono Sabtu, 11 Januari 2020.

Fenomena kemunculan ikan jenis tertentu dan ikan yang melompat naik ke pantai, menurut Daryono, memang kerap dikaitkan dengan pertanda gempa. Namun, hasil kajian ilmiah sejauh ini belum menunjukkan adanya bukti yang kuat secara empirik yang menunjukkan adanya keterkaitan tersebut.

Baca Juga :  Rencana Penambahan Menteri, Mahfud MD Sebut Sumber Korupsi Makin Banyak, Ray Rangkuti: Anggaran Negara Membengkak

“Sehingga fenomena terdamparnya ikan bukan bagian dari pertanda atau prekursor gempa bumi,” ujar Daryono lagi.

Hasil kajian yang ada justru menunjukkan kaitan fenomena itu dengan musim, bukan gempa. Menurut teori oseanografi lainnya, Daryono menuturkan, pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling.

“Upwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan,” katanya. Pada fenomena upwelling biasanya muncul gerombolan ikan ke tepi laut. “Selain itu masih ada faktor lain yang memicu ikan muncul ke pantai, seperti mengikuti dinamika arus laut,” katanya.

Baca Juga :  Kritik Kebijakan Kampus Soal Iuran Pengembangan Institusi, Mahasiswa Unri Dilaporkan ke Polisi

Sebelumnya, seorang warga dilaporkan merekam fenomena ikan-ikan yang berlompatan mendamparkan diri itu dan videonya diunggah ke kanal YouTube pada 7 Januari 2020. Beberapa orang turun ke pinggir laut dan melemparkan ikan-ikan itu ke daratan. Video yang menyebut lokasi di Pelabuhan Gorontalo Dermaga 1 itu telah ditonton lebih dari 4 ribu kali saat artikel ini dibuat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com