JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Waspada, Hujan dan Badai Masih Akan Terjadi Hingga 4 Januari

Ilustrasi banjir bandang. Foto/Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) perlu berhati-hati.

Pasalnya, menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir masih akan terjadi dalam tiga hari ini, yakni tanggal 2-4 Januari 2019.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan, Jabodetabek berpotensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labitas atmosfer sedang atau kuat.

Baca Juga :  Menyusul Ketuanya, Anggota KPU Ini Menyatakan Dirinya Positif Covid-19

“Akhirnya terjadi peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia,” kata dia saat dihubungi pada Kamis (2/1/2020).

Pada saat bersamaan, perlambatan kecepatan angin dan kenaikan suhu permukaan laut di beberapa wilayah Indonesia memicu peningkatan uap air cukup tinggi yang mendukung pembentukan awan hujan.

Baca Juga :  Temuan Jerigen di Lantai 6 Kejaksaan Agung, Bareskrim: Itu Hanya Perlengkapan Kerja

Puncak musim hujan diprediksi sekitar Februari-Maret 2020.

“Ini enggak serempak di seluruh Indonesia, terjadi secara bertahap,” ujar Dwikorita.

Selain DKI Jakarta dan sekitarnya, BMKG memprediksi curah hujan lebat juga berpotensi turun di Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Dwikorita mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi risiko banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang selama periode tersebut.

www.tempo.co