JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Website KPU Bantul Diretas, Muncul Curhaten Tentang Cinta dan Foto Sejoli Muda-Mudi di Laman Utama

Website resmi yang dikelola Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul di www.kab-bantul.kpu.go.id diretas orang tak bertanggungjawab pada Senin (6/1/2020) siang. Tribunjogja/istimewa

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM Website resmi yang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul diretas orang tak bertanggungjawab pada Senin (6/1/2020) siang.

Website dengan alamat ww.kab-bantul.kpu.go.id itu tampilannya mengalami perubahan yang begitu drastis.

Ketika tribunjogja.com berusaha mengakses laman tersebut pada sekitaran pukul 13.33 WIB, yang muncul ialah foto pasangan laki-laki dan perempuan berusia remaja, dengan caption kalimat romantis percintaan yang cukup menggelitik para pengakesnya.

“Hacked by Mr. Rm19”

“Tetaplah bersamaku walaupun dunia ini kacau, aku mencintaimu setulus hatiku, kamu tidak perlu tau aku siapa, di depan komputer. Yang harus kamu tau adalah AKU MENCINTAIMU!”

Baca Juga :  Pilkada 2020 Berdampak Pada Penambahan Kasus Positif Covid-19

Begitulah lebih kurang isi laman penyelenggara Pemilu di Bumi Projo Tamansari dalam kondisi diretas, dengan background warna hitam pekat, serta polos.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Bantul, Arif Widayanto membenarkan kejadian tersebut.

Bahkan, ia menyebutkan, jajarannya sudah mengetahui laman resminya di-hack menjadi sedemikian rupa sejak Minggu (5/1/2020) kemarin.

Begitu mengetahui kejadian kurang menyenangkan itu, pihaknya pun langsung berupaya melakukan langkah perbaikan.

Sayang, upaya yang ditempuhnya, belum berbuah hasil. Sehingga, sehari berselang, tampilan kab-bantul.kpu.go.id urung berubah.

“Sejak kemarin ya. Kita sudah berupaya perbaikan, dengan menghubungi developernya, yang membuat website tersebut,” terangnya.

Baca Juga :  Tugu Pal Putih Yogya Kembali Dihantui 2 Sosok Pocong Gentayangan

Beruntung beberapa jam berselang, tampilan sejoli di laman resmi KPU Bantul sudah tidak tampak lagi.

Akan tetapi, hingga kisaran pukul 16.30 WIB, website belum bisa diakses.

Muncul tulisan “Error establishing a database connection” di muka laman.

Lebih lanjut, Arif berharap, situs dapat kembali normal, seperti sedia kala.

Bukan tanpa sebab, laman tersebut berfungsi sebagai wadah informasi untuk masyarkat, terutama jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bantul 2020, beberapa bulan mendatang.

“Ini kan jadi media unuk menyebarluaskan informasi ke publik. Jadi, paling tidak kita skip dulu, agar tampilan yang tidak mengenakkan bisa terminimalisir terlebih dahulu ya,” pungkasnya.

www.tribunnews.com