JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Baru Tahu,Ternyata Fogging Hanya Mematikan Nyamuk Dewasa. Terungkap Saat Diadakan Pengasapan di Sekitar Taman Kolam Keceh Kedungsono Desa Bulusulur Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk memberantas sarang nyamuk yang bisa menyebakan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), Dinas Kesehatan Kabupaten bekerjasama dengan Puskesmas 1 Wonogiri dan pemerintahan Desa Bulusulur yang dibantu oleh personil anggota Koramil 01/Wonogiri melaksanakan kegiatan fogging atau pengasapan, Kamis (7/2/2020).

Fogging dilaksanakan di sekitar Taman Kolam Kecah Kedungsono Bulusulur. Kegiatan disaksikan Camat Wonogiri Joko Purwidyatmo, dari DKK Wonogiri 8 orang, anggota Koramil 01/Wonogiri Sertu Giri dan Koptu Khanip (Babinsa Bulusulur), Kepala Desa Bulusulur Dwi Prasetya, seluruh Perangkat Desa Bulusulur, seluruh kader penggerak PKK Bulusulur dan warga.

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Sebelum dilaksanakan pengasapan, dimulai senam bersama dilanjutkan dengan pengarahan-pengarahan yang disampaikan oleh pejabat terkait.

Kades dalam kesempatan tersebut menyampaikan fogging yang dilakukan oleh DKK dan Puskesmas bersama aparat desa adalah mencegah adanya penyakit DBD. Sekaligus mewujudkan masyarakat yang sehat seperti yang diamanatkan oleh Bupati Wonogiri.

Sementara itu, Bambang dari Puskesmas 01 Wonogiri menerangkan, penyemprotan harus memperhatikan dosis yang tercatat dalam standar operasional. Bila insektisida terlalu sedikit, maka penyemprotan tidak memberikan hasil maksimal dan hanya meninggalkan bau minyak tanah yang mengganggu kenyamanan warga yang akan di-fogging.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

Dosis yang tidak tepat juga dikhawatirkan membuat nyamuk resisten insektisida. Fogging hanya mematikan nyamuk dewasa yang kontak langsung, sedangkan jentiknya kita harus mengadakan pembersihan dari genangan air di rumah kita masing masing.

Selaku Babinsa Bulusulur, Koptu Khanip menyampaikan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Lebih-lebih saat ini sudah masuk musim penghujan, harus memperhatikan lingkungan sekitar dan memastikan agar tidak ada genangan-genangan air yang bisa menjadi media bertelur nyamuk. Aria