JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Cegah Jatuh Korban di Sepanjang Jalur Tawangmangu, Sejumlah Relawan Turun ke Jalan Tebangi Dahan dan Ranting Rapuh

Foto/Wardoyo
  • Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah elemen di kecamatan Tawangmangu rame-rame turun ke jalan untuk menebang pohon rapuh yang berada di jalur utama menuju ke lokasi wisata, tepatnya di Dusun Gondolan, Kelurahan Tawangmangu, senin (17/02/2020).

Sejumlah pohon yang ditebang tersebut, berada di turus jalan utama. Koordintor Relawan Lintas Tawangmangu (Realita), Sutrisno mengungkapkan kegiatan itu dilakukan sebagai antisipasi mengingat belakangan curah hujan mulai meningkat.

Menurutnya, angin kencang dan hujan deras tersebut, dapat  membuat pohon tumbang dan berpotensi memakan korban.

“Rencananya, penebangan akan dilakukan di beberapa titik untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat pohon tumbang,” kata Sutrisno, Senin 17/02/2020).

Ia menjelaskan setelah diteliti oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, beberapa pohon dinilai sudah tidak layak atau rapuh. Karena itu, harus ditebang agar tidak tumbang.

“Sampai saat ini, memang tidak ada korban. Tapi, kita tidak ingin menunggu munculnya korban,” urainya.

Dijelaskan, aktifitas penebangan pohon berdampak karambol terhadap arus lalu lintas dan pengguna jalan. Karena itu, dilakukan penutupan arus sementara.

“Kalau selesai, kami buka lagi,” lanjutnya

Ditambahkan, para relawan yang berada di Tawangmangu, pada saat musim penghujan ini, mulai meningkatkan kewaspadaan, dari berbagai kemungkinan yang terjadi.

“Seluruh elemen relawan di Tawangmangu, bekerjasama dengan aparat Kepolisian, TNI dan pemerintah kecamatan, terus meningkatkan kewaspadaan. Kita siaga 24 jam,” tandasnya. Wardoyo

Baca Juga :  Saat Bupati Karanganyar Terjun Punguti Sampah di Sungai Siwaluh di Hari Clean Up Day. Ini Pesan yang Disampaikan!