JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gelar Kongres V di Kendari, PAN Tidak Undang Jokowi

Anggota DPR RI Eko Hendro Purnomo berfoto di kursi pimpinan sebelum Rapat Paripurna terakhir masa jabatan 2014-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bakal dibuka di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020), kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pimpinan kementerian atau lembaga negara lainnya.

Ketua Organizing Committee Kongres PAN, Eko Hendro Purnomo mengatakan hal itu merupakan kesepakatan di internal partai.

“Kami tidak mengundang tokoh-tokoh yang disebutkan tadi karena memang ini hajatan kami, tidak ingin menyusahkan beliau. Karena ini pesta kami, ya kami yang meramaikan,” kata pria yang akrab disapa Eko Patrio ini kepada Tempo, Minggu (9/2/2020).

Eko mengatakan pembukaan kongres akan digelar di Lapangan Tugu Persatuan, Kendari. Acara akan berisikan pertunjukan kesenian dan kebudayaan dari Sulawesi Tenggara dan sejumlah artis seperti grup band Ungu, Zaskia Gotik, Indra Bekti, dan lainnya.

Baca Juga :  Ini Mekanisme Pengamanan Super Ketat di MK untuk Jamin Rapat Sengketa Pilpres 2024 Tak Akan Bocor

“Akan ada sambutan Ketua Umum Zulkifli Hasan, Pak Sutrisno Bachir, dan Pak Amien Rais,” kata Eko.

Acara kongres akan digelar mulai Senin (10/2/2020) hingga Rabu (12/2/2020). Menurut Eko, peserta kongres akan membicarakan tata tertib terlebih dulu, kemudian diikuti pembahasan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, lalu pemilihan ketua umum.

Selain itu, isu-isu politik nasional seperti wacana amandemen Undang-undang Dasar 1945, angka ambang batas parlemen dan pencalonan presiden (parliamentary dan presidential threshold), sistem pemilihan umum, dan sebagainya akan turut dibahas dalam sidang-sidang selama kongres.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

“Isu-isu nasional pasti, amandemen, keamanan, (WNI eks) ISIS diterima atau tidak, itu bagian yang akan kami sikapi,” ujar Eko.

Panitia, lanjut dia, telah menyiapkan 1.200 kamar di 32 hotel di Kendari untuk peserta kongres. Eko mengatakan Sulawesi Tenggara dipilih karena perolehan suara PAN dianggap stabil di kota ini.

“Baru pertama kali kami mengadakan kongres di Indonesia timur, kami pilih Kendari. Ini kota heroik buat PAN,” ujar dia.

Ia mengatakan meskipun beberapa kali terkena persoalan hukum, PAN tetap berprestasi di kota ini. Partai berlambang matahari terbit ini bahkan menempatkan kadernya sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Sulawesi Tenggara.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com