JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Lagi Mancing di Bawah Jembatan Ngapak Sungai Progo, Warga Moyudan Temukan Buaya Sepanjang 1,5 Meter

Petugas Polsek Moyudan dan anggota TNI memeriksa buaya yang ditangkap oleh warga di Sungai Progo. Tribun Jogja/Santo Ari

SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Sumberarum Moyudan Lukito (35) temukan buaya saat memancing di bawah Jembatan Ngapak, Sungai Progo, Rabu (5/11/2020) pukul 06.00 pagi.

Buaya yang ditemukan berukuran sekitar 1,5 meter, setelah ditangkap binatang amfipi tersebut kemudian diserahkan ke Polsek untuk kemudian akan diteruskan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY.

Kapolsek Moyudan AKP Darban mengatakan saat itu seorang warga Gejagan, Sumberarum bernama Lukito (35) tengah memancing di bawah Jembatan Ngapak, Sungai Progo pukul 06.00 pagi.

Baca Juga :  Sendratari Sang Ratu Digelar di Pantai Cemoro Sewu dengan Protokol Ketat

“Saat itu ia melihat yang dikira biawak. Dan ternyata setelah ditangkap itu seekor buaya,” ujarnya.

Setelah ditangkap, buaya itu lantas diserahkan ke Polsek Moyudan. Warga mengikat mulut buaya itu dan dimasukkan ke dalam karung.

Kapolsek menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk menelusuri asal buaya itu.

“Di sekitar kita tidak ada peternak atau yang menangkarkan buaya. Kita akan lakukan penyelidikan apakah buaya itu memang berkembang biak di Sungai Progo atau lepasan dari warga masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemkot Yogya Gencarkan Pemutusan Penularan Covid-19, Ini Yang Dilakukan    

Ia juga menuturkan bahwa selama ini belum pernah ada temuan buaya. Ini pertama kalinya. Namun diakuinya di sungai itu banyak biawak yang sering diburu warga.

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau agar warga tetap tenang. Jika ke depan menemukan atau melihat buaya agar dapat lapor ke Polsek untuk segera ditindaklanjuti.

www.tribunnews.com