JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Paklay Daring Komplit Permudah Warga Karanganyar Urus Adminduk

Proses pengurusan adminduk / dwi hastuti

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar menawarkan Paklay Daring Komplit untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).

Dalam memberikan pelayanan Adminduk, Disdukcapil Karanganyar membuat beberapa inovasi pelayanan publik dengan sistem daring.

Adapun program pertama yang dibuat adalah pelayanan daring melalui http://loket99.disdukcapil.karanganyarkab.go.id yang sudah berjalan sejak 2017. Pelayanan daring lainya adalah E-Lahir dan E-Sempurna.

Kepala bidang pengelolaan administrasi kependudukan dan pemanfaatan data, Gunawan, mengungkapkan bahwa inovasi ini dilakukan untuk mempercepat pelayanan Adminduk serta memberikan pelayanan yang membahagiakan bagi masyarakat.

“Dokumen yang bisa didaftarakan secara daring melalui loket99 di antaranya akta kelahiran, akta kematian, KTP elektronik, kartu identias anak (KIA), kartu keluarga maupun perpindahan dan kedatangan penduduk,” ujarnya kepada Joglosemarnews, Jumat (7/1/20).

Baca Juga :  Produk UMKM Mulai Tembus Pasar Internasional, Pemkab Karanganyar Raih 2 Penghargaan Nasional dari Kemenkop dan Mark Plus. Ini Kategorinya!

Dengan layanan E-Lahir, orang tua yang baru melahirkan tidak perlu mengurus akta kelahiran ke Disdukcapil.

E-Lahir merupakan pelaporan cepat pencatatan akta kelahiran melalui media sosial Whatsap oleh rumah sakit, puskemas, bidan praktek mandiri (BPM), dan poliklinik desa (PKD) ke Dinas kependukdukan dan Pencatatan Sipil.

“Itu bekerjasama dengan bidan dan rumah sakit, bidan dan rumah sakit khusussnya RSUD penolong kelahiran, jadi ketika melahirkan, surat keterangan kelahiran itu dari bidan kita buatkan akte,” katanya.

Baca Juga :  100 Lebih Warga Karanganyar Dilaporkan Pindah Keyakinan Peluk Agama Islam. Ketua Islamic Center Berharap Tetap Istiqomah

Selain E-Lahir, lanjut Gunawan, ada  juga E-Sempurna yang memudahkan masyarakat mengurus akta kematian. Sama halnya dengan E-Lahir, E-sempurna juga memanfaatkan Whatshapp untuk pelaporan pencatatan akta kematian oleh kepala desa ke Disdukcapil.

Dengan demikian, jelas Gunawan, masyarakat cukup mengirim pesan melalui Whatsapp, memfoto lelayu kita buatkan, kita antar sampai ke rumah duka sebelum jenazah dimakamkan.

Pelayanan daring inilah yang kemudian disebut Paket Layanan (Paklay) Daring Kompit. Dengan Paklay Daring Komplit masyarakat Karanganyar bisa mengurus dokumen Adminduk dengan cepat tanpa harus datang ke Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Karanganyar, Dra. Any Indrihastuti M.M. mengungkapkan bahwa inovasi pelayanan publik akan terus berkembang dan bertambah.

“Masih banyak lagi (inovasi pelayanan) yang sedang dirancang” ujarnya. dwi hastuti