JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pemerintah Bakal Pulangkan WNI dari China untuk Tahap II

ilustrasi / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah RI masih mempertimbangkan wacana untuk mengevakuasi atau memulangkan WNI dari China untuk gelombang kedua.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD.

“Gelombang selanjutnya masih dipertimbangkan, karena sekarang penerbangan dari dan ke RRC sedang ditutup,” ujar Mahfud di Kantor Bupati Natuna, Kamis (6/2/2020) malam.

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

Kendati penerbangan komersial dari dan ke Cina ditutup, kata Mahfud, jika ada hal yang mendesak, bisa saja dilakukan penerbangan khusus yang dikoordinasikan dengan otoritas Cina.

“Kalau diperlukan ada evakuasi lagi, ada penerbangan di sana untuk keperluan tertentu, tentu saja bisa dibicarakan melalui nota diplomatik,” kata Mahfud.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, pemulangan kedua WNI asal Cina pasti akan ada. Untuk itu, pemerintah harus bersiap-siap.

“Ya nanti pastilah nanti ada. Apakah dipulangkan karena itu atau tidak, kan bisa saja dipulangkan bukan karena virus itu. Kalau ada ancaman virus tentu ya harus (dikarantina) sesuai standar internasional,” ujar Terawan di lokasi yang sama.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com