loading...
Ratusan motor Yamaha N Max jatah kendaraan dinas Kades di Karanganyar sudah tiba dan siap untuk dibagikan. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 177 sepeda motor Yamaha N Max yang akan digunakan sebagai kendaraan operasional para kepala desa (Kades) dan Lurah, Kamis (20/02/2020) tiba di Karanganyar.

Saat ini, ratusan sepeda motor tersebut berada di halaman Gedung Wanita dan rencananya sepeda motor berwarna hitam ini akan diserahkan kepada para Kades pada hari Jumat (21/02/2020) pagi.

Sejumlah mekanik, terlihat melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan melakukan servis terakhir serta pemasangan Nomor Polisi di masing-masing sepeda motor.

General Manager Sumber Baru Rejeki Motor yang merupakan rekanan dalam pengadaan sepeda motor untuk para Kades, Fery Kurniawan mengatakan, seluruh sepeda motor pesanan pemkab Karanganyar tersebut, sedang dilakukan pemeriksaan dan servis terakhir.

Pemeriksaan dilakukan sebelum diserahkan kepada Pemkab Karanganyar melalui Badan Keuangan Daerah (BKD).

Baca Juga :  Bikin Resah Warga, 92 Sepeda Motor Berknalpot Brong Diangkut Polisi di Karanganyar. Kasat Lantas: Tak Akan Dikeluarkan Kalau Tak Diganti Standar!

Fery menuturkan, jumlah sepeda motor yang dipesan Pemkab Karanganyar sebanyak 128 unit. Dengan perincian, 177 sepeda motor Yamaha N Max serta 5 unit Yamaha Lexi.

“Saat ini pemeriksaan dan servis terakhir sepeda motor sebelum kita serahkan kepada Pemkab Karanganyar untuk diteruskan kepada para Kepala Desa,” kata Fery, Kamis (20/02/2020).

Mengenai harga, Fery menjelaskan, untuk sepeda motor Yamaha N Max on the road (OTR) seharga Rp 28,75 juta.

Sedangkan harga pesanan Pemkab di harga Rp 27,5 juta. Sedangkan harga Yamaha Lexi, berada di harga Rp 24 juta.

“Seluruhnya merupakan pesanan Pemkab Karanganyar, melalui E Katalog,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, Pemkab Karanaganyar akan memberikan sepeda motor dinas baru kepada 177 kepala desa (Kades) dan lurah sebagai kendaraan operasional.

Baca Juga :  Semangat Ibadah Berjamaah, Warga Sobayan Karanganyar Rela Kenakan Masker Demi Salat Jamaah di Masjid. Antar Shaf Juga Dipisahkan Sekat Plastik

Pengadaan sepeda motor dinas ini, telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Sejumlah kalangan pun menyoroti kebijakan itu dinilai bertolak belakang dengan pernyataan bupati Karanganyar, Juliyatmono. Sebab sebelumnya ia menyebut tidak akan menganggarkan pembelian sepeda motor bagi Kades, seperti di daearah lain, yang dinilai terlalu politis.

Informasi yang dihimpun, jenis sepeda motor bagi para Kades dan Lurah tersebut jenis Yamaha N Max warna hitam.

Dengan harga per unit Rp 27,7 juta, dengan total anggaran Rp 4,902 miliar. Sebelumnya, para Kades telah memiliki sepeda motor dinas jenis Mega Pro tahun 2012. Wardoyo