loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rektor Xihua University, Tiongkok positif membatalkan rencana kedatangannya ke Solo untuk menghadiri puncak Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang akan digelar tanggal 11 Maret mendatang. Pasalnya, virus Corona masih merebak di Tiongkok menjadi penyebab pembatalan tersebut.

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho mengatakan, sebelum merebaknya virus Corona, Rektor Xihua University telah mengkonfirmasi kedatangannya dalam puncak acara Dies Natalis UNS ke 44.

“Bahkan mereka akan mengirimkan delapan penarinya juga. Tapi karena virus corona kemudian dibatalkan dan sudah mengirimkan surat resminya ke kami,” ujarnya, Selasa (18/2/2020).

UNS Solo akan menggelar agenda Dies Natalis ke 44 dengan tema “Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. Tema tersebut memiliki makna bahwa segenap sivitas akademika UNS mempunyai komitmen bersama untuk mengembangkan reorientasi pembelajaran 4.0 untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui inovasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  SMK Kesehatan Mandala Bhakti Solo Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Diharapkan tema Dies Natalis ke-44 tahun 2020 tersebut dapat memberikan spirit kepada sivitas akademika untuk segera beradaptasi dan memiliki fleksibilitas dalam mewujudkan sistem pembelajaran di perguruan tinggi yang sesuai dengan tuntutan industri dan perekonomian dunia. Sekaligus untuk mewujudkan UNS sebagai World Class University (WCU).

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Dies Natalis ke-44 UNS, Prof. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani mengatakan, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-44 dibagi dalam 4 kategori kegiatan utama, yaitu Bidang Pengabdian Masyarakat, Bidang Kegiatan Ilmiah, Bidang Kegiatan Olahraga, Seni dan Budaya serta Bidang Kegiatan Seremonial Dies Natalis ke-44 UNS.

“Puncak kegiatan Dies Natalis ke-44 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2020 di Auditorium G. P. H Haryo Mataram UNS dengan agenda Sidang Senat Terbuka Dies Natalis. Pada kegiatan ini akan dianugerahkan penghargaan UNS Award kepada Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI) dan Anugerah Seni kepada Waldjinah,” imbuh Prof Ayu.

Baca Juga :  Cegah Corona, Warga Petoran RW 06 Jebres Lakukan Penyemprotan Mandiri

Pada sidang senat juga akan disampaikan Orasi Ilmiah oleh Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Bambang P.S. Brojonegoro. Sivitas akademika UNS yang hadir dalam Sidang Senat Terbuka ini akan mengenakan pakaian adat nusantara. Prihatsari