JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Subhanallah, Masjid Megah di Dekat Sawah di Masaran Sragen Mendadak Curi Perhatian. Disebut Bakal Jadi Ikon Desa

Masjid Indah di Desa Gebang, Masaran, Sragen yang mendadak mencuri perhatian. Foto/Wardoyo
Masjid Indah di Desa Gebang, Masaran, Sragen yang mendadak mencuri perhatian. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah masjid megah berdiri di dekat persawahan Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen mendadak mencuri perhatian.

Pasalnya meski berkonstruksi sederhana, masjid itu memiliki keindahan artistik yang modern dan banyak disandingkan memiliki kemiripan desain dengan masjid-masjid di tanah suci.

Masjid itu berlokasi di Dukuh Gebang, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen. Pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM , masjid bercat krem dominan itu dibangun di dekat persawahan beberapa meter dari persimpangan Proliman Gebang.

Tak besar memang. Namun artistik dan ornamen masjid itu cukup indah dipandang. Empat menara menjulang yang berdiri megah di empat penjuru atap masjid, makin meneguhkan kesan gagah namun tetap eksotis.

“Masjid itu dibangun oleh warga LDII di desa kami. Alhamdulillah di sini warga LDII sangat kompak. Ada dua masjid yang dibangun. Yang satu masjid lawas di utara, nah yang satunya baru dibangun di selatan dekat persawahan itu. Itu baru sekitar setahunan berdiri,” papar Kades Gebang, Jumanto, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga :  Melonjak Tambah 10 Warga Positif Hari Ini, Jumlah Kasus Covid-19 Sragen Jadi 466 Kasus. Jumlah Warga Meninggal Terus Bertambah Jadi 62 Orang

Ia mengatakan masjid LDII yang baru itu memang memiliki desain dan konstruksi yang megah. Bahkan ia menyebut bahwa kehadiran masjid itu bisa menjadi ikon baru di Desa Gebang.

Menurutnya, masjid tersebut digunakan untuk aktivitas ibadah dan pengajian para jemaah di tiga dukuh yakni Gebang Lor, Gebang Kidul dan Kedungwaduk. Sedangkan jemaah di dukuh lainnya, menempati masjid LDII yang lama.

Jumanto juga mengakui kerukunan umat beragama di Desa Gebang sangat kental. Meski ada beragam aliran, LDII, MTA, NU, dan Muhammadiyah, semua hidup berdampingan rukun dan guyub.

Baca Juga :  Innalillahi, Habib MA Pimpinan Ponpes El Nusa Shobo Guno Sragen Meninggal Positif Terpapar Covid-19. Sempat Batuk-Batuk Lalu Dirujuk di RSUD Moewardi Solo

“Di sini kehidupan beragama sangat harmonis. Meski beda-beda tapi semua guyub rukun dan saling mendukung,” terangnya.

Di sisi lain, keindahan masjid LDII di Gebang itu juga diakui oleh beberapa warga luar desa. Yanto, salah satu warga Sragen Kota mengaku takjub melihat keindahan masjid di Gebang itu.

“Meski nggak besar, tapi indah dan bangunannya kayak masjid-masjid di tanah suci. Apalagi pemandangan di sekelilingnya hamparan sawah nan hijau, pokoknya bagus. Nggak nyangka di wilayah pedesaan yang asri, ada masjid bagus dan indah kayak gini,” tuturnya. Wardoyo