JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Bocoran, Ini Materi Uji Trampil Perorangan (UTP) Umum, Khususnya Pembinaan Teritorial. Prajurit TNI AD Wajib Tahu

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kodim 0726/Sukoharjo menggelar Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum bagi para prajuritnya, Kamis (6/2/2020).

UTP Umum merupakan sarana pengujian bagi prajurit untuk mengetahui dalam memahami terhadap materi-materi yang telah disampaikan dalam latihan perorangan. Sekaligus mampu mengaplikasikannya dalam melaksanakan tugas pokok.

Sesuai arahan Komandan Kodim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, UTP Umum ini diharapkan dapat mengasah kembali kepekaan dan kepedulian para anggota di dalam wilayah. Peka terhadap persoalan serta selalu dapat mendengar getaran aspirasi apapun yang berkembang dan yang terjadi di wilayahnya.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Mencapai 312

“Serta dapat melaksanakan deteksi dini, cegah dini, temuan cepat dan lapor cepat terhadap ancaman yang dapat membahayakan keutuhan bangsa dan negara,” jelas dia.

UTP ini merupakan tahapan Proglatsi (Program latihan satandarisasi) yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. UTP direncanakan dilaksanakan selama 2 hari dengan tingkat keterampilan yang di ujikan meliputi ketrampilan 2 sampai 7.

Adapun materi yang diujikan meliputi 5 kemampuan teritorial. Yang terdiri atas materi kemampuan temu cepat dan lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan perlawanan rakyat serta komunikasi sosial.

Baca Juga :  Keren Iki Lur, Ada Pembagian Jamu Gratis di Satlantas dan Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Lho

“Tujuan Uji Terampil Perorangan Umum adalah menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh 0rajurit sesuai dengan kecakapan SJM (Spesialisasi Jabatan Militer) masing-masing. Sehingga didapatkannya suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum sesuai tingkat kecakapan masing-masing. Ini penting untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan demi mendukung tugas pokok agar tercapai dengan optimal,” pungkas dia. Aria