JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Suplemen Penambah Imunitas Sangat Baik untuk Kesehatan, Kapan Harus Dikonsumsi? Apa Boleh di Makan Setiap Hari?

Ilustrasi suplemen makanan. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk menjaga kondisi tubuh salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen penambah imunitas tubuh memang sangat baik untuk dikonsumsi, karena, suplemen bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal berbagai masalah kesehatan.

Tetapi banyak orang yang belum tahu, harus seberapa sering mengonsumsi zat ini, bolehkah zat ini dikonsumsi setiap hari?

Dokter spesialis penyakit dalam Iris Rengganis tidak menyarankannya. Pertama, ia menjelaskan bahwa penambah imunitas tubuh hanya diperlukan dalam kondisi tertentu saja. Misalnya saat akan berlibur atau lembur dengan banyaknya pekerjaan.

Baca Juga :  Merasakan Efek Samping Setelah Minum Obat, Berhenti atau Lanjut?

Dalam dua kondisi ini, tentu imunitas tubuh akan menurun sehingga dibutuhkan dukungan dari luar berupa suplemen. “Kalau kondisinya sedang lemas, tubuh pasti memberikan tanda. Nah di situ baru butuh,” katanya saat ditemui dalam acara Media Gathering di Jakarta pada Rabu, 19 Februari 2020.

Iris juga mengatakan bahwa suplemen penambah imunitas tubuh tidak disarankan lantaran tubuh sudah memproduksi imun alami. “Sejak kecil, tubuh kita sudah memiliki kemampuan produksi imunitas tubuh. Kalau kita sudah cukup kuat, apa gunanya ditambah? Segala sesuatu yang berlebihan justru tidak baik,” katanya.

Baca Juga :  Waspadai Penyakit MIS-C pada Anak yang Terinfeksi Virus Corona: Gejala Muncul 3-4 Minggu setelah Kena Covid-19, Bisa Tanpa Demam, Batuk, dan Sesak

Adapun dampak yang bisa ditimbulkan dari konsumsi suplemen setiap hari sehingga berlebihan itu. Ketua Divisi Alergi Imunologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut juga mengatakan bahwa seseorang dapat mengalami alergi. “Imunomodulator dalam bentuk fitofarmaka dapat meningkatkan risiko alergi,” katanya.

Efek lain yang bisa dialami adalah keracunan hingga risiko autoimun. Menurut Iris, imunitas tubuh yang berlebihan justru melepaskan autoantibodi untuk melawan sel tubuh yang sehat. “Jadi lebih baik minum suplemen penambah imunitas tubuh saat kita tahu kondisi tubuh akan lelah dengan aktivitas seharian, bukan sebagai rutinitas,” katanya.

www.tempo.co