JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ibunda Jokowi Berpulang, Bupati Karanganyar Merasa Kehilangan. Sebut Almarhumah Tak Sombong Meski Punya Anak Presiden

Jenazah Ibunda Presiden Jokowi diberangkatkan menuju pemakaman. Foto/Istimewa

loading...
Jenazah Ibunda Presiden Jokowi diberangkatkan menuju pemakaman. Foto/Istimewa

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengaku merasa kehilangan atas meninggalnya ibunda presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo.

Sudjiatmi yang tutup usia karena kanker, dikebumikan di kompleks pemakaman keluarga Jokowi di Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang.

Yuli mengatakan bahwa almarhumah adalah sosok yang rendah hati. Menurutnya meskipun memiliki anak seorang presiden, Sudjiatmi tak pernah merasa sombong.

“Terus terang, kita merasa kehilangan. Almarhumah adalah orang yang baik, rendah hati, selalu menyapa siapapun jika bertemu. Beliau tidak sombong meskipun memiliki anak seorang presiden,” ujar Yuli.

Jenazah Sudjiatmi Notomiharjo dimakamkan kompleks pemakaman keluarga Jokowi di Dusun Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (26/3/2020) siang.

Baca Juga :  Heboh Benda Misterius di Langit Solo Raya, Terjawab Sudah, Ternyata Balon dan Jatuh di Area Persawahan di Karanganyar

Meski tak banyak diantar pelayat, prosesi pemakaman tetap diwarnai suasana haru. Prosesi pemakaman berlangsung tertutup dan relatif singkat.

Pemakaman dilangsungkan hanya dalam waktu sekitar 45 menit. Seluruh petakziah termasuk Presiden Jokowi tampak mengenakan masker.

Jenazah ibu orang pertama di RI itu dimakamkan pukul 13.00 WIB. Presiden Jokowi bersama keluarga dan kerabat tampak mengantar sang ibunda ke peristirahatan terakhirnya dengan kesedihan.

Pantauan di lapangan, iring-iringan mobil yang membawa jenazah almarhumah Sudjiatmi tiba di pemakaman sekitar pukul 13.00 WIB.

Baca Juga :  Dapat Surat dari Ombudsman, Bupati Karanganyar Akhirnya Batalkan Salat Idul Fitri di Alun-alun. Berbalik Minta Masyarakat Gelar Salat Ied di Rumah Masing- Masing

Mobil ambulan yang membawa jenazah almarhumah terlebih dahulu memasuki lokasi pemakaman. Disusul mobil yang membawa presiden Joko Widodo, serta para kerabat.

Setibanya di lokasi pemakaman, peti jenazah almarhumah Sudjiatmi, langsung diusung oleh enam anggota Pasukan pengaman presiden (Paspampres), menuju ke cungkup pemakaman berukuran 10 x 10 meter itu.

Dalam proses pemakaman tersebut, hanya diikuti oleh pihak keluarga inti. Sedangkan para pelayat hanya menyaksikan dari luar cungkup.

Kades Selokaton, Sutino menyampaikan sesuai permintaan keluarga, jenazah Sudjiatmi Notomiharjo akan disemayamkan di sisi timur dekat makam almarhum suaminya, Widjianto Notomiharjo. Wardoyo