JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Ini 3 Negara di Eropa yang Lakukan Lockdown

Tentara dan aparat kepolisian ikut diterjunkan untuk membantu menyemprotkan cairan disinfektan di stasiun-stasiun kereta setelah jumlah kasus virus corona di Spanyol naik / tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Persebaran virus corona (Covid-19)  telah memaksa tiga negara  di Eropa melakukan langkah drastis, lockdown atau penutupan aktivitas.

Hal itu menyusul Cina yang telah melakukan lockdown di Kota Wuhan, Provinsi Hubei demi menekan penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Tiga negara di Eropa yang telah melakukan lockdown tersebut adalah sebagai berikut.

Italia 

Pemberlakuan lockdown telah membuat restoran, bar, salon kecantikan dan toko di seluruh Negeri Pizza itu tutup.

Baca Juga :  PBB Umumkan Amerika Serikat Akan Tinggalkan WHO Tahun Depan

Untuk restoran, masih boleh dilakukan sistem pesan – antar namun harus ada jarak antara staf pengantar makanan dengan konsumen yang memesan. Kantin perusahaan juga masih boleh buka.

Lombardy telah menjadi kota terparah di Italia akibat virus corona. Total korban meninggal akibat wabah pandemi itu diperkirakan mencapai 1.809 orang dan ada 24.747 kasus infeksi virus corona hingga Minggu (15/3/2020).

Spanyol

Spanyol memberlakukan lockdown mulai Senin (16/3/2020) sebagai bagian dari langkah darurat mengendalikan pandemic virus corona.

Baca Juga :  Polisi Italia Gagalkan Penyelundupan 14 Ton Narkoba Senilai Rp 16 T Produksi ISIS

Langkah menutup Spanyol atau lockdown dituangkan dalam draf dekrit resmi, dimana ini menjadikan Spanyol negara kedua setelah Italia yang mengalami pandemik virus corona terparah di Eropa.

Dengan mengurung diri secara nasional, seluruh warga Spanyol diharuskan tinggal di dalam rumah kecuali untuk membeli makanan, pergi ke toko obat dan rumah sakit, atau bekerja dan aktivitas darurat lainnya.

Transportasi umum akan dibatasi kapasitasnya dalam membawa penumpang. Namun operasional transportasi umum tidak ditangguhkan.

www.tempo.co