JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

RS Darurat Corona Berkapasitas 24.000 Pasien

Petugas menyiapkan alat-alat medis di salah satu ruangan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/ 2020) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah Sakit Darurat Corona yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (23/3/2020), memiliki kapasitas 24.000 pasien.

Namun, saat ini fasilitas yang tersedia di rumah sakit yang disulap dari gedung Wisma Atlet tersebut baru bisa melayani 3.000 pasien.

Menurut Jokowi, segala sarana dan prasarana telah siap, sehingga sore ini juga telah bisa dipakai.

Dari 10 tower yang ada di Wisma Atlet Kemayoran, 4 tower siap digunakan sebagai RS Darurat yakni tower 1, 3, 6 dan 7.

“Tetapi, saya berharap rumah sakit darurat corona ini tidak digunakan. Artinya, rumah sakit yang ada yang telah kita siapkan jauh hari sebelumnya bisa melaksanakan penanganan virus corona ini,” kata Jokowi di Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran, Senin (23/3/2020).

Sejauh ini, pemerintah telah menyiapkan 130 rumah sakit rujukan bagi pasien COVID-19 di seluruh Indonesia ditambah puluhan rumah sakit BUMN dan TNI/Polri. Rumah sakit swasta pun terus digandeng turut membantu.

Selain RS Darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran, pemerintah juga membangun rumah sakit dan fasilitas kesehatan bagi pasien Corona di Pulau Galang dan Pulau Sebaru yang ditargetkan akan selesai pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Penyebaran virus Corona di Indonesia memang semakin meluas. Per 22 Maret 2020, sudah ada 514 kasus positif corona di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 29 pasien sembuh dan 48 orang meninggal dunia. Lebih dari setengah kasus positif Covid-19, ada di Jakarta.

www.tempo.co

Baca Juga :  Ketum PPP Hadir di Halalbihalal Golkar, Isyarat Gabung Kubu Prabowo?
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com